Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Malang / Rahma Adina Aryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Malang / Rahma Adina Aryanti

Aryanti, Rahma Adina (2010) Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Malang / Rahma Adina Aryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aryanti Rahma Adina. 2010. Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusa Fisika Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Arif Hidayat M. Si (II) Drs. Agus Suyudi M. Pd. Kata kunci pendekatan problem posing berpikir tingkat tinggi prestasi belajar SMA N 3 Malang sebagai sekolah favorit di kota Malang memiliki input yang baik. Berdasarkan observasi awal terdapat beberapa siswa (khususnya XI IPA 5) yang merasa bahwa fisika itu sulit dan mendapat nilai di bawah SKM. Merujuk pada tujuan pendidikan nasional yaitu mencetak generasi penerus yang berilmu cakap kreatif dan mandiri peneliti menerapkan pendekatan problem posing di kelas ini dengan tujuan untuk meningkatkan pemikiran kritis terhadap siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 3 Malang tanggal 17 Maret sampai 1 Mei. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menerapkan pendekatan problem posing dengan metode pembelajaran direct instruction. Hal yang diukur adalah ketelaksanaan kegiatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan peneliti meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Jumlah pertanyaan siswa meningkat 69 23% kemampuan problem posing meningkat 20% prestasi belajar dari segi rata-rata nilai siswa naik 4 3 % sedangkan kelulusan siswa naik 16 67 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan pendekatan problem posing dengan metode direct instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar siswa di bidang kognitif. Disarankan agar dilaksanakan penelitian lebih lanjut untuk mengoptimalkan pelaksanaan pendekatan problem posing ini. v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20198

Actions (login required)

View Item View Item