Cahyani, Refida Putri (2022) Persepsi siswa MTSN 1 kota Malang terhadap curhat di media sosial / Refida Putri Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mayoritas remaja di Indonesia menghabiskan waktunya untuk menjelajahi media sosial bahkan media sosial telah menjadi ruang lingkup pribadi mereka. Media sosial memiliki banyak fitur menarik dan menarik minat para remaja untuk menggunakannya ditambah dengan akses internet yang semakin mudah. Fungsi media sosial kini tidak hanya sebagai komunikasi tapi juga menjadi media remaja untuk mencurahkan isi hatinya. Dahulu remaja biasa curhat pada buku diari dan orang-orang terdekat kini beralih curhat di media sosial. Remaja memiliki karakteristik yang mudah terpicu dan memicu konflik sehingga baik buruknya persepsi siswa mempengaruhi perkembangan psikologis dan karakter remaja. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan persepsi siswa MTsN 1 Kota Malang terhadap curhat di media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei dan menggunakan angket atau kuesioner sebagai intrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menggambarkan dan mengukur variabel persepsi serta tiap indikatornya. Pengambilan sampel menggunakan jenis probability sampling dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian dalam populasi yakni seluruh siswa MTsN 1 Kota Malang yang berjumlah 1159 siswa dan menggunakan 10-15% dari 1159 sama dengan 119 siswa sebagai sampelnya. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 - 16 November 2021 di MTsN 1 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel persepsi siswa MTsN 1 Kota Malang sebagian besar siswa masuk dalam kategori rendah sebesar 55.5% sebanyak 66 siswa. Sedangkan pada indikator hasil pemikiran individu (kognitif) sebagian besar siswa masuk dalam kategori tinggi sebesar 41.2% sebanyak 49 siswa pada indikator perasaan dan keadaan emosi (afektif) sebagian besar siswa masuk dalam kategori rendah sebesar 61.3% sebanyak 73 siswa dan pada indikator sikap dan perilaku individu (konatif) sebagian besar siswa masuk dalam kategori tinggi sebesar 69% sebanyak 82 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap curhat di media sosial masih tergolong rendah atau kurang baik sehingga masih harus ditambah lagi agar persepsi siswa dapat mencapai kategori tinggi hingga sangat tinggi dengan memberikan layanan yang bersifat preventif yaitu layanan informasi layanan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok khususnya yang berkaitan dengan aspek pribadi-sosial seperti penggunaan dan cara siswa bersosialisasi dengan pengguna lain di media sosial. Penelitian ini menggunakan instrumen angket atau kuesioner dan ruang lingkup MTsN 1 Kota Malang saja dan hasilnya tidak bisa digeneralisasikan dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) lainnya sehingga bagi peneliti lain yang hendak melaksanakan penelitian serupa bisa melaksanakan penelitian dengan di ruang lingkup yang lebih luas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |