Pengembangan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan sikap respek siswa smp negeri 15 malang / Riza Aqilah Silmy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan sikap respek siswa smp negeri 15 malang / Riza Aqilah Silmy

Silmy, Riza Aqilah Silmy (2022) Pengembangan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan sikap respek siswa smp negeri 15 malang / Riza Aqilah Silmy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Respek merupakan sikap seseorang dalam menghargai dan menghormati yang ditunjukkan dengan cara menerima potensi diri memenuhi kebutuhan diri bersikap hangat pada orang lain dan menerima perbedaan antar individu serta bertingkah laku sesuai dengan lingkungan sekitar. Indikator dari sikap respek ini antara lain menjaga kebersihan kesehatan maupun tingkah laku menyapa meminta dan memberi maaf memberi kesempatan orang lain toleransi serta menjaga benda milik orang lain maupun fasilitas umum. Individu yang memiliki sikap respek rendah cenderung menunjukkan sikap seperti mengacuhkan kebutuhan diri rasis merendahkan orang lain merusak benda dan lingkungan. Oleh karena itu sikap respek ini penting ditingkatkan guna terciptanya suatu kedamaian dan hubungan yang harmonis antar individu. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan panduan peningkatan sikap respek siswa SMP melalui biblioedukasi yang berterima secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan metode yang mengadaptasi dari model pengembangan Borg amp Gall (1983). Dalam penerapannya peneliti hanya melakukan sampai tahap ke tujuh yaitu melakukan revisi produk akhir. Hal ini dikarenakan peneliti dapat menentukan langkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang dihadapi selama proses pengembangan. Validasi produk menggunakan dua subjek validasi yaitu validasi ahli dan calon pengguna produk (konselor) menggunakan angket skala penilaian. Jenis data ada dua yaitu data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus rerata (mean) sedangkan data kualitatif deskriptif dianalisis berdasarkan masukan saran dan komentar hasil validasi ahli maupun calon pengguna produk. Berdasarkan hasil validasi ahli materi I dan II diperoleh skor 1 00 yang berarti panduan biblioedukasi memiliki validitas yang sangat tinggi. Dengan demikian keberterimaan produk panduan juga tinggi. Hasil validasi ahli media dan calon pengguna terhadap produk panduan masing-masing memperoleh nilai dengan predikat sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan biblioedukasi sangat layak dan telah berterima untuk digunakan dalam layanan bimbingan di sekolah. Penelitian pengembangan ini menghasilkan dua produk yaitu buku panduan untuk konselor dan buku kegiatan untuk siswa yang memenuhi kriteria keberterimaan produk secara teoritis dan praktis. Produk panduan ini masih belum sepenuhnya sempurna oleh karenanya disarankan apabila dilakukan pada jenjang lain maka harus dilakukan proses adaptasi yang berkaitan dengan instrumen yaitu dengan melakukan observasi need assessment dan wawancara serta uji keefektifan melalui penelitian eksperimen oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201955

Actions (login required)

View Item View Item