Wijayanti, Ayu Siska (2010) Pengaruh motivasi dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen pada pembelajaran fisika menggunakan model learning cycle 5E pada materi pokok fluida statis tahun ajaran 2009/2010. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanti Ayu Siska. 2010. Pengaruh Motivasi dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Learning Cycle 5E Pada Materi Pokok Fluida Statis Tahun Ajaran 2009/2010 Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Bambang Tahan Sungkowo M.Pd (2) Drs. Eddy Supramono Kata kunci pembelajaran Learning Cycle 5E prestasi belajar motivasi belajar aktivitas belajar Berdasarkan observasi awal di SMAN 1 Kepanjen diketahui bahwa prestasi belajar siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang dapat memenuhi KKM hanya 33 8% siswa dari 68 siswa. Guru masih menggunakan tipe konvensional sehingga siswa menjadi pasif. Metode yang diterapkan guru membuat motivasi dan aktivitas belajar siswa rendah sehingga menyebabkan prestasi belajar yang rendah pula. Untuk mengatasi masalah di atas dicoba menerapkan metode belajar berbasis konstruktivistik dengan model belajar Siklus Belajar (Learning Cycle ). Siklus belajar (Learning Cycle) adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5E lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensionaldan mengetahui apakah prestasi motivasi dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan model learning cycle 5E lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen yang terdiri dari 5 kelas (168 siswa). Sampel penelitian terdiri dari 34 siswa kelas X1-IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa kelas XI-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel di lakukan secara Sampling Random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen prestasi belajar terdiri 28 soal pilihan ganda dari 30 soal yang sudah tervalidasi dengan r 0 697 (nilai reliabilitas sedang). Penelitian dilaksanakan tanggal 5-20 April 2010. Berdasarkan hasil uji-t dan harga rerata prestasi motivasi dan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi dibandingkan yang mengalami pembelajaran Konvensional. Hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Learning Cycle 5E lebih efektif dibandingkan dengan yang diajar secara konvensional. Berdasarkan regresi ganda diketahui bahwa secara serentak motivasi dan aktivitas belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran Learning Click here to get your free novaPDF Lite registration key ii Cycle 5E lebih tinggi dibandingkan yang mengalami pembelajaran Konvensional. Besar kontribusi yang diberikan motivasi dan aktivitas terhadap prestasi lebih banyak pada kelas eksperimen yaitu sebesar 77.8% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70.1%. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi dan aktivitas terhadap prestasi belajar fisika siswa menggunakan pembelajaran Learning Cycle 5E lebih tinggi dibandingkan pembelajaran secara Konvensional dilihat dari nilai sumbangan atau kontribusi yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20195 |
Actions (login required)
View Item |