Panduan pendekatan rational emotive behavior counseling sebagai media untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa smk / Imro'atul Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Panduan pendekatan rational emotive behavior counseling sebagai media untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa smk / Imro'atul Khasanah

Khasanah, Imro'atul Khasanah (2022) Panduan pendekatan rational emotive behavior counseling sebagai media untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa smk / Imro'atul Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perencanaan karier adalah salah hal penting untuk dipersiapkan siswa yang akan lulus sekolah. Perencanaan karier yang paling tepat adalah menyesuaikan dengan kemuampuan yang dimiliki oleh siswa. Persoalan yang muncul ketika siswa tidak mampu merencanakan karier adalah karena ketidakyakinan akan kemampuan yang dimiliki. Ketidakyakinan ini membuat siswa tidak yakin akan rencana karier yang akan dipilih atau disebut dengan efikasi diri karier yang rendah. Fenomena ini juga dapat ditemui di SMK Negeri 2 Malang. Efikasi diri karier berhubungan dengan kognitif setiap individu dan perlu adanya layanan konseling yang dapat meningkatkan efikasi diri karier siswa. Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan panduan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Counseling (REBC) yang diperuntukan bagi konselor dirasa mampu membantu siswa dalam meningkatkan efikasi diri karier. Penelitian ini mengadaptasi model penelitian yang dikembangkan oleh Borg amp Gall. Sesuai dengan kebutuhan penelitian pelaksanaan penelitian prosedur penelitian dilaksanakan dengan lima tahapan pertama yaitu (1) mengumpulkan data penelitian (2) perencanaan penelitian (3) pengembangan produk awal (4) uji coba awal dan (5) perbaikan produk. Penelitian ini melaksanakan uji validitas produk dengan 1 uji ahli materi 1 uji ahli media dan 2 uji calon pengguna. Instrumen yang dikembangkan disusun berdasarkan aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Analisis data mengukur instrumen menggunakan teknik rerata untuk uji ahli materi dan media sedangkan teknik inter-rater agreement digunakan untuk mengukur instrumen uji calon pengguna. Hasil analisis penilaian uji ahli materi memperoleh rerata 4 untuk aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Untuk hasil uji ahli media juga memperoleh nilai keberterimaan sebesar 4 untuk semua aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Hasil uji calon pengguna mendapat validitas keberterimaan yang sangat tinggi sebesar 1 00. Berdasarkan hasil uji validitas kepada uji ahli materi uji ahli media dan 2 uji calon pengguna produk berupa buku panduan konseling individu REBC memenuhi kriteria ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan untuk digunakan konselor dalam meningkatkan efikasi diri karier siswa SMK. Untuk penelitian selanjutnya pengembangan produk buku panduan ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menciptakan produk terbaru sebagai media layanan bimbingan dan konseling terutama untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa. Buku panduan konseling ini dapat diimplementasikan bagi konselor sekolah sebagai acuan pemberian layanan konseling REBC untuk meningkatkan efikasi diri karier siswa SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201944

Actions (login required)

View Item View Item