Saputra, Muhamad Affan Rahmad Saputra (2022) Pengembangan panduan teknik sinema edukasi untuk mengembangkan interaksi sosial siswa smk / MUHAMAD AFFAN RAHMAD SAPUTRA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Belakangan ini rendahnya interaksi sosial menjadi permasalahan yang dialami oleh remaja dengan teman sebaya atau kelompoknya. Interaksi sosial yang rendah pada remaja masih ditemui pada siswa SMKN 2 Malang hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan kepada salah satu konselor. Layanan bimbingan dan konseling disekolah masih belum ada yang berfokus pada upaya mengembangkan interaksi sosial dan belum mempunyai panduan semacam ini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah panduan teknik sinema edukasi untuk mengembangkan interaksi sosial siswa SMK yang memenuhi aspek keberterimaan produk yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan Metode penelitian ini mengadaptasi dan memodifikasi sepuluh langkah prosedur penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall menjadi lima langkah. Pengujian panduan dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi yang merupakan dosen bidang bimbingan dan konseling yang berpengalaman selama lima tahun dalam bidang tersebut dua ahli media yang ahli dalam bidang perencanaan dan pengembangan media dan dua calon pengguna yaitu konselor SMK dengan kualifikasi lulusan S1 jurusan bimbingan dan konseling dan telah menjadi konselor sekolah minimal lima tahun. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen keberterimaan prototipe uji ahli materi Instrumen keberterimaan protoripe uji ahli media Instrumen keberterimaan prototipe uji calon pengguna. Analisis data dari hasil instrumen ahli materi media dan calon pengguna menggunakan teknik inter-rater agreement. Hasil penilaian dan analisis data yang diperoleh dari ahli materi mendapatkan indeks validitas 1 00 penilaian dari ahli media mendapatkan indeks validitas 1 00 dan dari calon pengguna mendapatkan indeks validitas1 00. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa prototipe buku panduan memenuhi aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan dengan validitas sangat tinggi sehingga prototipe buku panduan sangat layak digunakan oleh konselor dalam melaksanakan bimbingan. Tetapi buku panduan ini masih dalam bentuk prototipe dikarenakan masih belum diuji efektivitas ke siswa. Prototipe buku panduan ini sangat layak dijadikan alternatif dalam memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk mengembangkan interaksi sosial siswa SMK. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan dapat melakukan uji efektivitas langsung kepada siswa. Uji efektivitas akan lebih optimal jika dilakukan pada siswa SMKN 2 Malang karena pengembangan panduan ini didasarkan pada analisis kebutuhan siswa SMKN 2 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |