Indikator Alexa sebagai alternatif dalam pemeringkatan berbasis sound approach / Obed Cobawiras - Repositori Universitas Negeri Malang

Indikator Alexa sebagai alternatif dalam pemeringkatan berbasis sound approach / Obed Cobawiras

Cobawiras, Obed (2010) Indikator Alexa sebagai alternatif dalam pemeringkatan berbasis sound approach / Obed Cobawiras. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cobawiras Obed. 2010. Alexa as an Alternative Indicator Based on Sound Approach In Ranking (Indikator Alexa sebagai Alternatif dalam Pemeringkatan Berbasis Sound Approach). Skripsi Program Studi Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Johanis A. Rampisela M.S. (II) Daeng Achmad Suaidi S.Si. M.Kom. Kata Kunci Alexa Pemeringkatan Sound Approach Otomatisasi Pengambilan Data Alexa merupakan salah satu situs yang banyak dipakai oleh para pengembang untuk memajukan situs mereka. Alexa menggunakan indikator popularitas berdasarkan pengunjung sebagai dasar perangkingannya. Dalam perangkingan berbasis Sound Approach dengan metode Webometics (Skripsi Dona Harinda Sasongko Metode Pemeringkatan Berbasis Sound Approach 2010) indikator popularitas berdasarkan pengunjung suatu situs tidak saling berinteraksi dengan indikator lainya yang antara lain size visibility rich files dan scholar. Rumusan masalah dari penyusunan skripsi ini adalah bagaimana agar dapat mengambil data indikator Alexa beberapa situs perguruan tinggi secara otomatis kemudian menggunakannya sebagai indikator dalam pemeringkatan perguruan tinggi berbasis Sound Approach. Oleh karena itu sebuah program khusus dibutuhkan untuk mengambil indikator dari situs Alexa. Program ini dapat mencari data beberapa perguruan tinggi di Indonesia agar memudahkan pendataan dan menghemat waktu. Program ini disusun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan bisa diakses secara online. Program Otomatisasi Pengambilan Indikator Alexa bekerja dengan menggunakan metode mencari nilai suatu indikator berdasarkan pola dalam page source suatu halaman situs. Program ini menghasilkan data valid karena hasilnya sama antara pencarian dengan program dibandingkan bila dilakukan dengan cara manual. Selain itu program ini juga cepat karena rata-rata waktu untuk mencari indikator situs hanya membutuhkan 3 detik dibandingkan dengan cara manual yang hampir 43 detik. Dari hasil perbandingan tabel antara yang menggunakan indikator Alexa dan tidak 43 dari 53 situs yang menjadi acuan peringkatnya mengalami kenaikan atau penurunan. Hal ini menunjukan bahwa indikator Alexa memiliki peranan signifikan dalam pemeringkatan perguruan tinggi berbasis Sound Approach.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20193

Actions (login required)

View Item View Item