Yahzanun, Aliyun Ula Walahum (2022) Pola interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh mata pelajaran ips masa pandemi covid-19 / Aliyun Ula Walahum Yahzanun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penyebaran virus Corona yang telah sampai ke Indonesia pada bulan Maret 2020. Akibatnya pelaksanaan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka di kelas menjadi jarak jauh di rumah masing-masing. Pada implementasi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran IPS mengalami beberapa masalah dalam interaksi guru dan peserta didik. Beberapa masalahnya yaitu minimnya interaksi guru dengan peserta didik serta kurangnya feedback peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di SMPN 15 Malang mendeskripsikan pola interaksi edukatif pembelajaran jarak jauh di SMPN 15 Malang dan untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung interaksi pembelajaran jarak jauh di SMPN 15 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis data yang terdiri dari empat komponen yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi (3) penyajian dan (4) verifikasi. Selanjutnya penelitian ini dilaporkan berdasarkan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan daring sinkronus dilaksanakan dengan cara realtime menggunakan aplikasi gabungan Google Meet dan Zoom disertai pemberian tugas melalui aplikasi Quipper School. Penggunaan aplikasi Quipper School juga ditujukan untuk pelaksanaan daring asinkronus dengan kegiatan berupa eksplorasi dan evaluasi secara terstruktur.Dalam proses pembelajaran jarak jauh ini tetap mengakomodir interaksi guru dengan peserta didik. Pola interaksi yang terjadi ada dua pola yaitu interaksi satu arah dan dua arah antar guru dengan peserta didik. Pada pelaksanaannya ternyata ditemukan beberapa kelemahan interaksi dalam proses pembelajaran diantaranya tidak ada diskusi antar peserta didik selama belajar sinkronus hal ini dikarenakan waktu pembelajaran yang singkat sehingga tidak memungkinkan aktifitas diskusi antar peserta didik. Terdapat beberapa faktor penghambat interaksi pembelajaran jarak jauh diantaranya yaitu peserta didik tidak memiliki perangkat elektronik tidak memiliki kuota jaringan tidak stabil dan motivasi yang minim. Dari beberapa faktor penghambat tersebut ada faktor pendukung yaitu memperbolehkan peserta didik datang ke sekolah untuk melaksanakan daring sinkronus memberikan tugas luring bagi peserta didik yang tidak memiliki perangkat elektronik memberikan bantuan kuota dan adanya koordinasi antar guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:33 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |