Otomatisasi pengambilan data website untuk keperluan pemeringkatan berbasis sound approach / Eko Fujianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Otomatisasi pengambilan data website untuk keperluan pemeringkatan berbasis sound approach / Eko Fujianto

Fujianto, Eko (2010) Otomatisasi pengambilan data website untuk keperluan pemeringkatan berbasis sound approach / Eko Fujianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fujianto Eko. 2010. Otomatisasi Pengambilan Data Website untuk Keperluan Pemeringkatan Berbasis Sound Approach. Skripsi Program Studi Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Johanis A. Rampisela M.S. (II) Daeng Achmad Suaidi S.Si. M.Kom. Kata Kunci Otomatisasi Pengambilan Data Website Pemeringkatan Sound Approach Pemeringkatan merupakan salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari masing-masing komponennya. Pemeringkatan berbasis Sound Approach adalah salah satu metode pemeringkatan yang dapat dijadikan model dalam suatu pemeringkatan tertentu terutama dalam bidang fisika. Metode pemeringkatan berbasis Sound Approach dalam skripsi Dona Harinda Sasongko berjudul Metode Pemeringkatan Berbasis Sound Approach diterapkan pada pemeringkatan website dan menggunakan beberapa indikator yang mengacu pada indikator yang digunakan oleh Webometrics (http //webometrics.info). Webometrics adalah lembaga yang melakukan pemeringkatan terhadap website perguruan tinggi di seluruh dunia. Indikator yang dipakai oleh Webometrics antara lain size atau jumlah halaman website visibility atau jumlah total tautan unik yang diterima dari situs lain rich files atau jumlah file yang ada di suatu situs dan scholar atau jumlah tulisan-tulisan ilmiah berdasarkan Google scholar. Keempat data indikator di atas diperoleh dari empat mesin pencari diantaranya Google Yahoo Bing dan Exalead . Pengambilan data secara manual dilakukan dengan memasukkan key tertentu dalam mesin pencari dan mencatat jumlah hasil pencarian sebagai data. Key yang dimasukkan pada mesin pencari berbeda-beda untuk masing-masing jenis data indikator yang akan diambil. Proses pengambilan data secara manual membutuhkan waktu yang sangat banyak. Program otomatisasi pengambilan data website ini secara otomatis akan menjalankan mesin pencari dengan key yang telah ditentukan dan melakukan pengambilan data size visibility rich files dan scholar dari mesin pencari. Dengan menggunakan function file_get_contents() program mengambil page source dari halaman hasil pencarian mesin pencari. Setelah itu program melakukan pencocokan string angka jumlah hasil pencarian pada page source tadi dan mengubahnya menjadi sebuah variabel dengan menggunakan function preg_match() kemudian menampilkan variabel tersebut pada sebuah tabel. Program ini menghasilkan data size visibility rich files dan scholar yang sama dengan hasil pengambilan data yang dilakukan secara manual. Dengan menggunakan program ini proses pengambilan data website akan lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dengan melakukan pengambilan secara manual. Pengambilan data manual membutuhkan waktu 3 menit untuk satu URL sedangkan pengambilan data dengan program hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item