Evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada guru ips smp negeri 15 malang / Endah Pindhanala - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada guru ips smp negeri 15 malang / Endah Pindhanala

Pindhanala, Endah Pindhanala (2022) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada guru ips smp negeri 15 malang / Endah Pindhanala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan di berbagai sektor. Salah satunya adalah pada sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan penyesuaian pembelajaran yang terdapat dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun (2020) terkait Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus (Covid-19).Kebijakan pembelajaran jarak jauh ternyata tidak mulus masih banyak keluhan pada pelaksanaannya. Ketidaksiapan fasilitas minimnya pengalaman guru serta kesulitan belajar peserta didik menjadi kendala. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama tiga semester memerlukan evaluasi untuk mengetahui keterlaksanaan dan hasil yang telah dicapai setelah pelaksanaan pembelajaran. Adapun fokus penelitian ini yaitu (1) Menganalisis keterlaksanaan pembelajaran jarak jauh pada penggunaan sarana prasarana pada guru IPS (2) Menganalisis keterlaksanaan pembelajaran jarak jauh pada kapabilitas SDM pada guru IPS (3) Menganalisis ketercapaian pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada guru IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Kehadiran peneliti menempatkan sebagai pengamat non partisipasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Malang. Data penelitian diperoleh dari lima informan kunci yaitu guru IPS. Teknik data yang dikumpulkan menggunakan observasi non partisipan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles Hubberman dan Saldana. Pengecekan keabsahan temuan terdiri dari uji kredibilitas uji transferability uji dependability dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran jarak jauh guru IPS pada ketersediaan sarana prasarana di SMP Negeri 15 Malang dikategorikan terlaksana dengan baik. Sarana prasarana sekolah sudah lengkap dan tersedia untuk pembelajaran daring namun masih terkendala teknis seperti stabilitas wifi yang terbatas pemadaman listrik dan kerusakan komputer. Keterlaksanaan dari kapabilitas guru IPS dikategorikan cukup terlaksana dengan baik. Guru IPS menyesuaikan strategi media dan evaluasi sesuai pelaksanaan pembelajaran jarak jauh namun guru IPS senior dikategorikan cukup dalam mengoperasikan platform daring. Ketercapaian pelaksanaan pembelajaran jarak jauh berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 15 tahun 2020 secara keseluruhan sudah tercapai cukup baik. Guru IPS memberikan penilaian secara kualitatif dan guru tergolong rendah dalam mengkontekstualkan materi. Bagi peneliti selanjutnya direkomendasikan implementasi evaluasi model Kirkpatrick pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201904

Actions (login required)

View Item View Item