Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap perilaku belanja online mahasiswa universitas negeri malang / Rizma Soraida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap perilaku belanja online mahasiswa universitas negeri malang / Rizma Soraida

Soraida, Rizma Soraida (2022) Pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap perilaku belanja online mahasiswa universitas negeri malang / Rizma Soraida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena maraknya E-commerce membuat banyak orang mencoba untuk berbelanja secara online. Kemudahan yang diberikan oleh berbelanja online membuat banyak orang tertarik berbelanja meskipun hanya untuk memenuhi keinginannya. Hal ini membuat perusahaan E-commerce semakin berlomba-lomba untuk menarik perhatian dan mempengaruhi keputusan pembelian para konsumen. Keputusan pembelian setiap orang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti harga kemasan bauran promosi dan lain-lain. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh promosi dan gaya hidup terhadap perilaku belanja online pada mahasiswa Universitas Negeri Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari promosi dan gaya hidup terhadap perilaku belanja online mahasiswa Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Mahasiswa aktif Universitas Negeri Malang yang memiliki aplikasi belanja online digunakan sebagai populasi pada penelitian ini. Simple random sampling digunakan sebagai teknik dalam menentukan sampel penelitian ini. Uji regresi linear berganda digunakan sebagai analisis penelitian ini. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas dilakukan sebelum melakukan uji regresi linear berganda. Kemudian terdapat uji hipotesis yang menggunakan uji T dan uji F. Pada penelitian ini juga dilakukan uji koefisien determinasi dan sumbangan efektif variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku belanja online baik secara parsial maupun simultan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel yang digunakan dapat menilai perilaku responden dalam berbelanja online. Variabel promosi memiliki nilai sangat efektif dengan indikator iklan paling dominan. Gaya hidup responden berdasarkan data yang didapatkan bernilai hemat dengan indikator paling dominan adalah aktivitas. Sedangkan variabel perilaku belanja online indikator paling dominannya adalah harga hal ini membuat responden tergiur melakukan belanja online. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian menggunakan metode atau variabel lain. Variabel yang dimaksud seperti pendapatan harga sosial dan lain-lain yang dapat mempengaruhi perilaku belanja online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201903

Actions (login required)

View Item View Item