Visualisasi gelombang elektromagnetik dua dimensi dengan syarat batas Dirichlet / Rio Nir Wantono - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi gelombang elektromagnetik dua dimensi dengan syarat batas Dirichlet / Rio Nir Wantono

Wantono, Rio Nir (2010) Visualisasi gelombang elektromagnetik dua dimensi dengan syarat batas Dirichlet / Rio Nir Wantono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nir Wantono Rio. 2010. Visualisasi Gelombang Elektromagnetik Dua Dimensi dengan Syarat Batas Dirichlet. Skripsi Program Studi Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Arif Hidayat M.Si. (2) Eny Latifah S.Si. M.Si. Kata kunci Gelombang elektromagnetik dua dimensi Syarat batas Dirichlet. Sifat-sifat perambatan gelombang elektromagnetik sangat sulit dipahami karena tidak dapat langsung diamati sehingga deskripsi perambatannya masih abstrak. Hal ini berbeda dengan gelombang mekanik yang mudah dipahami karena dapat diamati secara visual. Secara fisis rambatan gelombang elektromagnetik terbatasi oleh ruang. Secara teoritik batasan ini dikaji sebagai persoalan syarat batas. Terdapat dua macam persoalan syarat batas yakni syarat batas Dirichlet dan syarat batas Neumann akan tetapi dalam visualisasi ini hanya dipilih persoalan syarat batas Dirichlet. Visualisasi ini dilakukan dengan maksud membantu memperoleh gambaran riil atas gelombang elektromagnetik dua dimensi dalam ruang yang dibatasi dengan syarat batas Dirichlet. Visualisasi yang akan dilakukan adalah menggunakan program Mathematica 5.1. dan berdasar pada persamaan gelombang elektromagnetik dalam hampa tanpa sumber muatan . Penerapan syarat batas Dirichlet dilakukan pada program dengan mengendalikan nilai sedemikian sehingga di sisi-sisi batas. Pada syarat batas Dirichlet gelombang elektromagnetik memiliki nilai amplitudo gelombang selalu bernilai nol pada sisi-sisi batas. Secara fisis syarat batas Dirichlet diterapkan ketika gelombang elektromagnetik mencapai batas konduktor sehingga tidak terdapat medan yang menembus batas konduktor dengan kata lain medan yang mencapai permukaan konduktor lenyap .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item