Pengembangan media pembelajaran aplikasi baca relief (barel) berbasis android pada materi bubuksah gagang aking candi panataran untuk siswa kelas x sman 1 singosari / Khalfin Deby Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran aplikasi baca relief (barel) berbasis android pada materi bubuksah gagang aking candi panataran untuk siswa kelas x sman 1 singosari / Khalfin Deby Setyawan

Setyawan, Khalfin Deby Setyawan (2022) Pengembangan media pembelajaran aplikasi baca relief (barel) berbasis android pada materi bubuksah gagang aking candi panataran untuk siswa kelas x sman 1 singosari / Khalfin Deby Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyawan Khalfin Deby.2021. Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Baca Relief (BAREL) Berbasis Android Pada Materi Bubuksah Gagang Aking Candi Panataran Untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Singosari. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ismail Lutfi M.A (II) Ulfatun Nafi rsquo ah S.Pd M.Pd. Kata Kunci pengembangan Baca Relief (BAREL) Bubuksah Gagang Aking Pembelajaran merupakan proses kerjasama antara guru dengan peserta didik sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan. Dalam upaya tersebut guru harus bisa memanfaatkan segala potensi yang ada dengan maksimal. Akan tetapi upaya untuk memanfaatkan potensi yang ada untuk pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah dirasa kurang begitu maksimal. Sebagai contoh pada pembelajaran sejarah untuk kelas X IPS di SMA Negeri 1 Singosari dalam pembelajaran sejarah tersebut sudah menarik bagi siswa namun ada potensi yang kurang dimaksimalkan oleh guru yaitu ponsel pintar yang dimiliki siswa seharusnya ponsel pintar tersebut bisa dimanfaatkan sebagai media untuk belajar sejarah. Berdasarkan temuan tersebut peneliti kemudian melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi berbasis android dengan materi cerita Relief Bubuksah Gagang Aking yang dapat diakses melalui ponsel pintar siswa saat pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 1 Singosari sehingga memudahkan siswa dalam belajar serta mengetahui kelayakannya sebagai media pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R amp D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze Design Development Implementation Evaluation). Adapun langkah-langkah yang dilakukan peneliti adalah 1) melakukan analisis terhadap pembelajaran sejarah untuk melihat potensi dan kebutuhan siswa 2) merancang skenario pembelajaran dan produk yang dikembangkan 3) menuangkan rancangan produk menjadi sebuah prototype serta melakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media 4) melaukan uji coba produk kepada siswa dengan dua tahap yaitu skala kecil dan skala besar 5) melakukan evaluasi di setiap tahapan yang dilakukan. Berdasarkan hasil validasi materi aplikasi Baca Relief mendapatkan nilai persentase sebesar 95%. Sedangkan untuk hasi validasi media mendapatkan nilai persentase sebesar 81 67%. Dengan begitu aplikasi Baca relief dapat dinyatakan valid dan boleh digunakan. Sedangkan pada uji coba kelompok kecil mendapat nilai persentase sebesar 84 86% dan untuk uji coba kelompok besar mendapatkan nilai persentase sebesar 91 94% sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Baca Relief dengan materi Cerita Relief Bubuksah Gagang Aking valid dan sangat layak untuk pembelajaran sejarah. Adapun saran pemanfaatan dari aplikasi Baca Relief ini yaitu sebagai alternatif media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan juga guru dapat memaksimalkan potensi yang ada berupa ponsel pintar siswa dalam proses pembelajaran Sejarah Indonesia. Kedepannya aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan lagi mulai dari isi konten hingga bentuk tampilannya menjadi lebih baik lagi untuk pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201779

Actions (login required)

View Item View Item