Hubungan minat belajar dengan hasil belajar sejarah siswa saat pembelajaran daring di kelas xi ips 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep / Rofiatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan minat belajar dengan hasil belajar sejarah siswa saat pembelajaran daring di kelas xi ips 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep / Rofiatul Azizah

Azizah, Rofiatul (2022) Hubungan minat belajar dengan hasil belajar sejarah siswa saat pembelajaran daring di kelas xi ips 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep / Rofiatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat Belajar adalah kecenderungan dari dalam individu/peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar dengan dorongan hasrat atau keinginan untuk mengetahui dan memahami suatu objek pembelajaran. Sedangkan hasil belajar merupakan capaian hasil yang diraih oleh siswa selama melakukan proses pembelajaran. Adanya minat belajar sangat penting bagi proses pembelajaran hal ini juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa serta menguji hipotesis penelitian tentang hubungan minat belajar dengan hasil belajar sejarah siswa saat pembelajaran daring di Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep. Penelitian ini mendasar pada teori minat belajar oleh Slameto yaitu minat sangat berhubungan erat terhadap hasil belajar karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya karena tidak ada daya tarik tersendiri baginya Sehingga hasil belajar juga akan menurun. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kalianget Sumenep. Subyek penelitian berjumalah 35 siswa. Sedangkan untuk informan wawancara berjumlah 10 orang dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah Guru Sejarah dan Siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep. Kegiatan analisis kuantitatif peneliti menggunakan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan penelitian Gambaran umum tentang pelaksanaan pembelajaran daring terhadap pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep adalah pelaksanaannya dilakukan melalui platform Google Classroom dan WhatsApp Group yaitu dengan cara guru membagikan materi dan media pembelajaran kepada siswa. (1) Minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah saat pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI IPS 1 memperoleh presentase hasil angket minat belajar sebesar 49%. Sementara hasil belajar siswa menunjukan nilai rata-rata 78. (2) Hasil Uji Hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa thitung (2 092) lebih besar dari pada ttabel (2 034) serta hasil nilai signifikansi 0 001 lt 0 05 dan hasil pearson correlation 0 464 artinya ldquo Terdapat Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Saat Pembelajaran Daring Di Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalianget Sumenep rdquo .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 26 Mar 2024 03:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201747

Actions (login required)

View Item View Item