Analisis butir soal mata pelajaran sejarah indonesia pada penilaian akhir semester ganjil kelas x tahun ajaran 2020/2021 di sma negeri 1 badegan ponorogo / RATNA ALIFIA WURYANDARI - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir soal mata pelajaran sejarah indonesia pada penilaian akhir semester ganjil kelas x tahun ajaran 2020/2021 di sma negeri 1 badegan ponorogo / RATNA ALIFIA WURYANDARI

Wuryandari, Ratna Alifia Wuryandari (2022) Analisis butir soal mata pelajaran sejarah indonesia pada penilaian akhir semester ganjil kelas x tahun ajaran 2020/2021 di sma negeri 1 badegan ponorogo / RATNA ALIFIA WURYANDARI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu manfaat nyata dalam mempelajari sejarah adalah belajar dari masa lalu untuk diperbaiki di masa mendatang. Hal ini penting agar menjadi bangsa yang lebih maju dan berdaya saing. Pentingnya pembelajaran sejarah tentu dapat dimaksimalkan dengan evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada tiap akhir semester. Sekolah menengah atas merupakan sekolah lanjutan yang memiliki tujuan meningkatkan kecerdasan pengetahuan serta keterampilan untuk pendidikan tingkat lanjut. Sejalan dengan pemenuhan tujuan tersebut peningkatan kualitas instrumen soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah menengah atas terlebih pada mata pelajaran Sejarah perlu dilakukan. Berdasarkan observasi awal dengan guru mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo guru mata pelajaran Sejarah telah mengembangkan variasi soal berbentuk Higher Order Thinking Skill (HOTS) di samping beberapa soal kategori Low Order Thinking Skill (LOTS). Guru mata pelajaran Sejarah telah melakukan analisis butir soal sebelum diujikan dengan penggolongan tingkat kesulitan soal dalam kategori mudah sedang dan sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui komposisi soal dan mendeskripsikan pemenuhan unsur Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan Low Order Thinking Skill (LOTS) yang digunakan pada Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran Sejarah Indonesia Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang ditujukan untuk mengetahui informasi secara mendalam mengenai suatu objek penelitian secara keseluruhan. Selain itu pada penelitian ini dilengkapi dengan kuesioner respon peserta didik untuk menjembatani keterbatasan pengambilan data. Soal yang diujikan dalam Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran Sejarah Indonesia berjumlah 40 butir soal yang terdiri atas soal objektif. Untuk melakukan validitas tes peneliti menggunakan penjabaran Taksonomi Bloom revisi Anderson mulai dari level C1 hingga C4. Selanjutnya peneliti menggunakan perhitungan persentase dengan pertimbangan beberapa aspek seperti stimulus kemampuan berpikir kritis serta kemampuan dalam memecahkan masalah. Hasil dari penelitian diperoleh komposisi soal Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran Sejarah Indonesia tahun ajaran 2020/2021 dilihat dari Taksonomi Bloom revisi Anderson sejumlah 40 soal yang terdiri dari soal pilihan ganda. Pada level C1 mengingat (remember) sejumlah 15% atau sejumlah 6 butir soal. Level C2 memahami (understand) sejumlah 20% yang terdiri atas 8 butir soal. Pada level C3 mengaplikasikan (apply) sejumlah 22 5% atau sebanyak 9 butir soal. Selanjutnya level C4 menganalisis (analyze) ditemukan sejumlah 42 5% atau sejumlah 17 butir soal. Pemenuhan unsur HOTS dan LOTS pada 40 butir soal yang digunakan pada Penilaian Akhir Semester Ganjil mata pelajaran Sejarah Indonesia tahun ajaran 2020/2021 di SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo sejumlah 42 5% butir soal telah memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sedangkan 57 5% lainnya masih termasuk dalam kategori Low Order Thinking Skill (LOTS) yang dapat ditemui pada level C1 C2 dan C3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201742

Actions (login required)

View Item View Item