Pengembangan media pembelajaran “hipuga” (history puzzle game) materi unsur-unsur kebudayaan dalam prasasti peninggalan pu sindok abad x di malang untuk peningkatan pemahaman siswa kelas xi ips 1 sman 9 malang / Anggiya Dwi Nanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran “hipuga” (history puzzle game) materi unsur-unsur kebudayaan dalam prasasti peninggalan pu sindok abad x di malang untuk peningkatan pemahaman siswa kelas xi ips 1 sman 9 malang / Anggiya Dwi Nanda

Nanda, Anggiya Dwi Nanda (2022) Pengembangan media pembelajaran “hipuga” (history puzzle game) materi unsur-unsur kebudayaan dalam prasasti peninggalan pu sindok abad x di malang untuk peningkatan pemahaman siswa kelas xi ips 1 sman 9 malang / Anggiya Dwi Nanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran HIPUGA (History Puzzle Game) untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. HIPUGA memuat materi Hindu-Budha dengan dilengkapi game edukasi berupa puzzle game. Media ini merupakan sebuah aplikasi pada smartphone yang memuat materi tentang unsur-unsur kebudayaan dalam prasasti-prasasti peninggalan Pu Sindok abad X di Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D dari Thiagarajan yang terdiri atas define (pendefinisian) design (perancangan) development (pengembangan) dan dissemination (penyebaran). Media ini telah melalui proses validasi materi dan media. Persentase penilaian dari ahli materi mendapatkan 95% sedangkan persentase penialaian ahli media mendapatkan 96 7%. Subjek uji coba produk merupakan siswa kelas XI IPS I SMAN 9 Malang. Berdasarkan uji coba kelompok kecil sejumlah 9 siswa mendapat presentase kelayakan produk sebesar 96 6%. Pada uji coba kelompok besar sejumlah 27 siswa mendapat presentase kelayakan produk sebesar 98 33%. Dari kedua uji coba menunjukan bahwa media ini merupakan media pembelajaran yang efektif dengan nilai efektivitas 1 11 pada kelompok kecil dan 1 17 pada kelompok besar. Kemudian media ini juga dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pre test dan post test siswa. Nilai rata-rata pada kelompok kecil yang semula 37 78 menjadi 83 89. Kemudian nilai rata-rata pada kelompok besar yang semula 40 56 menjadi 87 96. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah pengembangan pada Kompetensi Dasar dan materi sejarah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201739

Actions (login required)

View Item View Item