Pengembangan media pembelajaran sejarah pop up book "zapra" pada materi hasil kebudayaan zaman praaksara di Indonesia untuk Kelas X IIS 3 SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan / Mutiara Syafira Anastasia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah pop up book "zapra" pada materi hasil kebudayaan zaman praaksara di Indonesia untuk Kelas X IIS 3 SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan / Mutiara Syafira Anastasia

Anastasia, Mutiara Syafira (2022) Pengembangan media pembelajaran sejarah pop up book "zapra" pada materi hasil kebudayaan zaman praaksara di Indonesia untuk Kelas X IIS 3 SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan / Mutiara Syafira Anastasia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pop up book adalah salah satu media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk cetak dengan disusun secara detail dan sistematis desain yang sederhana diberikan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang diberikan. Pop up book yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran sejarah pop up book ldquo ZAPRA rdquo menguji kelayakan media menguji efektivitas media dengan materi hasil kebudayaan zaman praaksara di Indonesia di kelas X IIS 3 SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan dengan K.D 3.4 memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat. Observasi yang dilakukan peneliti mengenai matapelajaran sejarah Indonesia di kelas X IIS 3 SMA Darut Taqwa Purwosari Pasuruan menemukan beberapa permasalahan yaitu 1) sekolah berbasis pondok pesentaren 2) tidak memperbolehkan gadget 3) dalam pembelajaran sejarah Indonesia media pembelajaran yang digunakan 4). Berdasarkan hal tersebut perlu adanya sebuah inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan media pembelajaran dengan materi hasil kebudayaan zaman praaksara di Indonesia. Media pembelajaran yang sangat mudah digunakan dalam proses pembelajaran sejarah adalah pop up book ldquo ZAPRA rdquo . Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R amp D). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg amp Gall yang terdiri atas (1) Analisis Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Pengembangan Desain Media (4) Validasi Desain Media (5) Revisi Desain Media (6) Uji Coba Media (7) Revisi Media (8) Uji Coba Lapangan Skala Luas (9) Revisi Produk Final dan (10) Produksi Massal pada penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi 7 tahapan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan didapatkan nilai persentase sebesar 89 7% oleh validator ahli materi dan 92 3% oleh validator ahli media. Berdasarkan nilai persentase tersebut media pop up book ldquo ZAPRA rdquo dinyatakan ldquo Sangat Layak rdquo untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Selain itu melalui uji coba kelompok kecil mendapatkan skor persentase 79%. Berdasarkan nilai persentase tersebut media pop up book ldquo ZAPRA rdquo dinyatakan ldquo Layak rdquo untuk diuji cobakan kepada kelompok besar. Pada uji coba kelompok besar pengukuran keefektifan media melalui tes evaluasi hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan keseluruhan sebesar 94 87%. Berdasarkan persentase ketuntasan hasil evaluasi tersebut media ini termasuk dalam kategori ldquo Sangat Efektif rdquo untuk digunakan. Secara keseluruhan hasil validasi dan uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah pop up book ldquo ZAPRA rdquo dikategorikan ldquo Sangat Layak rdquo dan ldquo Sangat Efektif rdquo untuk digunakan sebagai media pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:29
Last Modified: 25 Mar 2024 03:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201737

Actions (login required)

View Item View Item