Pengembangan media pembelajaran l-card pada pelajaran geografi siswa kelas xi ips sman 2 kota probolinggo / BAYU KRISNAVIANTO - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran l-card pada pelajaran geografi siswa kelas xi ips sman 2 kota probolinggo / BAYU KRISNAVIANTO

Krisnavianto, Bayu Krisnavianto (2022) Pengembangan media pembelajaran l-card pada pelajaran geografi siswa kelas xi ips sman 2 kota probolinggo / BAYU KRISNAVIANTO. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran L-Card Perubahan dan perbaikan pada bidang pendidikan mencakup berbagai komponen yang terlibat di dalamnya mulai dari pelaksana pendidikan di lapangan hingga pemilihan metode dan strategi pembelajaran yang interaktif. Guru dituntut mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi peserta didik. Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan media kartu gambar yang dikombinasikan dengan sebuah permainan dapat menekankan pada prinsip pengembangan pengalaman peningkatan pemahaman serta pembiasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Geografi berupa L-Card (Learning Card) pada materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis melakukan analisis kebutuhan peserta didik agar produk L-Card yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan tujuan pembelajaran sesuai kurikulum. (2) Desain membuat rancangan desain produk L-Card. (3) Pengembangan melakukan pengembangan produk sesuai desain. (4) Implementasi melakukan uji coba produk pada validator materi dan media serta melakukan uji coba pada subjek penelitian yakni peserta didik. (5) Evaluasi melakukan analisis hasi uji coba produk. Hasil uji coba menunjukkan bahwa persentase tingkat kelayakan produk sebesar 86 1% yang artinya produk L-Card sangat layak digunakan dalam pembelajaran.Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media L-Card membantu peserta didik untuk lebih berani berinteraksi dan menciptakan suasana pembelajaran lebih menarik serta menyenangkan bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 03:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201665

Actions (login required)

View Item View Item