Pengaruh model challenge-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x ips sman 1 bangil / Kharisa Syifana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model challenge-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x ips sman 1 bangil / Kharisa Syifana

Syifana, Kharisa Syifana (2022) Pengaruh model challenge-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas x ips sman 1 bangil / Kharisa Syifana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan IPTEK abad 21 berjalan dengan sangat cepat sehingga perlu adanya persiapan untuk mengadapi perubahan tersebut. Persiapan dapat dilakukan melalui proses belajar pada siswa di sekolah dengan memilih model pembelajaran seperti challenge-based learning yang mampu mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan abad 21. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model challenge-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 1 Bangil (2) untuk mengetahui pengaruh model challenge-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 1 Bangi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan jenis penelitian control-group posttest only. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 3 SMAN 1 Bangil. Kelas Eksperimen diberlakukan model challenge-based learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model challenge based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan model challenge ndash based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Oleh karena itu model challenge-based learning disarankan untuk digunakan dalam pemebelajaran selanjutnya di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201621

Actions (login required)

View Item View Item