Nilai-nilai kearifan lokal dalam motif batik tulis tenun gedog di sanggar batik sekar ayu wilujeng kecamatan kerek kabupaten tuban / Berliana Candra Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai kearifan lokal dalam motif batik tulis tenun gedog di sanggar batik sekar ayu wilujeng kecamatan kerek kabupaten tuban / Berliana Candra Dewi

Dewi, Berliana Candra (2022) Nilai-nilai kearifan lokal dalam motif batik tulis tenun gedog di sanggar batik sekar ayu wilujeng kecamatan kerek kabupaten tuban / Berliana Candra Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Batik Tulis Tenun Gedog merupakan batik khas Kabupaten Tuban yang berpusat di Kecamatan Kerek. Masyarakat mengetahui keberadaan Batik Tulis Tenun Gedog namun belum mengetahui nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalam motifnya. Oleh karenanya kajian ini bertujuan mendeskripsikan sejarah nilai-nilai kearifan lokal dalam motif Batik Tulis Tenun Gedog serta upaya mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dalam motif Batik Tulis Tenun Gedog. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Miles dan Huberman. Dari hasil kajian Batik Tulis Tenun Gedog ada sejak zaman kerajaan Hindu-Budha seperti kerajaan Majapahit dan Singasari. Motif Batik Tulis Tenun Gedog juga terpengaruh oleh negara-negara luar seperti Cina Timur Tengah India. Motif Batik Tulis Tenun Gedog terdapat nama filosofi dan kegunaan tersendiri. Upaya masyarakat Kecamatan Kerek untuk mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dalam motif Batik Tulis Tenun Gedog yaitu memperkenalkan Batik Tulis Tenun Gedog kepada masyarakat luas khususnya masyarakat Kecamatan Kerek via media sosial seperti Facebook Instagram dan YouTube selalu membuka sanggar batik bagi tamu yang berkunjung ke sanggar membuatkan tabel yang berisi makna filosofi yang terkandung dalam motif Batik Tulis Tenun Gedog.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:29
Last Modified: 01 Apr 2024 02:42
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201618

Actions (login required)

View Item View Item