Implementasi nilai gotong royong dalam tradisi bersih desa kecamatan wagir kabupaten malang / GITA FARADILLA - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai gotong royong dalam tradisi bersih desa kecamatan wagir kabupaten malang / GITA FARADILLA

Faradilla, Gita Faradilla (2022) Implementasi nilai gotong royong dalam tradisi bersih desa kecamatan wagir kabupaten malang / GITA FARADILLA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modernisasi menyebabkan hilangnya rasa kebersamaan yang ada di masyarakat saat ini untuk itu perlu adanya pengimlementasian kembali nilai gotong royong dalam pelaksanaan tradisi bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan prosesi pelaksanaan tradisi bersih desa implementasi nilai gotong royong dalam tradisi bersih desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh tujuan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala desa kepala adat tokoh masyarakat dan masyarakat desa Petungsewu. Hasil penelitian menunjukkan prosesi tradisi bersih desa terdiri dari tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Implementasi nilai gotong royong dalam tradisi bersih desa yaitu rasa kebersamaan dan kerjasama saling menyepakati atau musyawarah rasa solidaritas antar sesama dan saling tolong-menolong. Implementasi nilai gotong royong dalam kehidupan masyarakat desa Petungsewu dilihat dengan adanya kerja bakti kegiatan ronda malam rapat rutinan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201617

Actions (login required)

View Item View Item