Peran badan usaha milik desa (bumdes) dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa ampelgading kecamatan tirtoyudo kabupaten malang / Ainur Berlian Prasdian - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran badan usaha milik desa (bumdes) dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa ampelgading kecamatan tirtoyudo kabupaten malang / Ainur Berlian Prasdian

Prasdian, Ainur Berlian Prasdian (2022) Peran badan usaha milik desa (bumdes) dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa ampelgading kecamatan tirtoyudo kabupaten malang / Ainur Berlian Prasdian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BUMDes merupakan sebuah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. BUMDes sebagai salah satu lembaga ekonomi yang beroperasi di pedesaan harus memiliki perbedaan dengan lembaga ekonomi pada umumnya. Pengelolaan BUMDes sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat desa yaitu dari desa oleh desa dan untuk desa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peran BUMDes dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang 2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pengembangan BUMDes dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang dan 3) Menjelaskan dampak yang diperoleh masyarakat dengan adanya BUMDes di Desa Ampelgading. Jenis penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah informan yang memeiliki peran penting dalam mengurus BUMDes. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dibutuhkan data primer dan data sekunder yaitu melalui observasi wawancara dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui Peran BUMDes dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang yaitu keberadaan BUMDes sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kesejahteraan serta peningkatan ekonomi pedesaan dan menekan urbanisasi. Faktor pendukung BUMDes dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan Desa Ampelgading Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Dampak yang diperoleh oleh masyarakat setelah adanya BUMDes di Desa Ampelgading.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201607

Actions (login required)

View Item View Item