Pengaruh penggunaan media pembelajaran explosion box terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ppkn / Zhazha Lutfi Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran explosion box terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ppkn / Zhazha Lutfi Azizah

Azizah, Zhazha Lutfi Azizah (2022) Pengaruh penggunaan media pembelajaran explosion box terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ppkn / Zhazha Lutfi Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Didasari pada wawancara yang dilakukan bersama guru PPKn kelas IX di SMP Islam Sunan Gunung Jati diketahui bahwa masih banyak nilai yang berada di rata-rata 75 bahkan masih banyak yang memperoleh nilai di bawah 75. Rendahnya prestasi belajar peserta didik disebabkan minimnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan diadakan penelitian guna prestasi belajar pada siswa di SMP Islam Sunan Gunung Jati yang dipelajari oleh media pembelajaran kotak ledakan . Melalui rencana penelitian nonequivalent control group design yang masuk pada klasifikasi eksperimen semu. Peserta didik kelas lX F dan lX H SMP Islam Sunan Gunung Jati masing-masing 30 peserta peserta didik dengan instrumen penelitian yaitu soal yang mengadakan 20pretestmaupun posttest. Adapun beberapa teknik analisis data yakni 1) uji validitas serta reliabilitas 2) uji prestasi belajar siswa yang melingkupi uji deskriptif normalitas serta hipotesis. Uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) lt 0 05 (0 001 lt 0 05) sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karenanya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran explosion box terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi Harmoni dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia di SMP Islam Sunan Gunung Jati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201600

Actions (login required)

View Item View Item