Kolaborasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam pelestarian folklor danyang telaga rambut monte dan ikan sengkaring di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Rika Safitri Nur Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kolaborasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam pelestarian folklor danyang telaga rambut monte dan ikan sengkaring di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Rika Safitri Nur Azizah

Azizah, Rika Safitri Nur (2022) Kolaborasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam pelestarian folklor danyang telaga rambut monte dan ikan sengkaring di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Rika Safitri Nur Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kearifan lokal Danyang yang berada di Telaga Rambut Monte hadir dari folklor yang berkembang dipercayai masyarakat Krisik dapat tergerus bahkan hilang. Permasalahan tersebut membutuhkan strategi jangka panjang agar kearifan lokal yang ada terwariskan kepada generasi mendatang. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengungkap kolaborasi program yang dilaksanakan Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pelestarian folklor Telaga Rambut Monte 2) mengkaji dampak pemangku kepentingan dalam proses pelaksanaan program kebijakan 3) menganalisis faktor pendukung program kebijakan Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam pelestarian folklor Telaga Rambut Monte. Menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi kepada informan dengan kriteria tertentu serta diperkuat studi literatur didapatkan hasil penelitian yaitu 1) Tradisi Danyangan bulan Selo sebagai tradisi dan program pengenalan budaya di Telaga Rambut Monte 2) Dampak keberadaan pemangku kepentingan mempengaruhi berjalannya program 3) Faktor pendukung kebijakan melalui dengan diajukannya folklor sebagai warisan budaya tak benda dan memasukkannya dalam Pokok-Pokok Pemajuan Kebudayaan Daerah. Perwujudan penguatan strategi kolaborasi program diharapkan memperkuat keberadaan folklor sebagai bagian dari budaya yang melindungi objek di Telaga Rambut Monte agar terjaga kelestariannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:29
Last Modified: 25 Mar 2024 07:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201589

Actions (login required)

View Item View Item