Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn / Cindy Ayu Dwi Amiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn / Cindy Ayu Dwi Amiarti

Amiarti, Cindy Ayu Dwi Amiarti (2021) Penerapan metode pembelajaran take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn / Cindy Ayu Dwi Amiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Take And Give dalam PPKn serta mendeskripsikan kenaikan perolehan belajar murid setelah penerapan metode pembelajaran Take And Give pada pelajaran PPKn di SMPN 1 Gedangan. Jenis kajian yang dilakukan adalah kajian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek kajian adalah 24 orang murid kelas VII A. Hasil belajar murid dikumpulkan menggunakan instrumen kajian berupa tes tertulis. Data yang diperoleh dalam kajian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan penerapan metode pembelajaran Take And Give pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Gedangan dapat berjalan dengan baik serta terdapat kenaikan hasil belajar murid pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata dan ketuntasan hasil belajar klasikal saat pra-tindakan siklus I dan siklus II. Pra-tindakan diperoleh rata-rata34 2 meningkat pada siklus I dengan rata-rata sebesar 68 95 dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 81 7. Pada saat pra-tindakan belum terdapat ketuntasan belajar kemudian pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 58 3 % dan pada siklus II meningkat sebesar 83 3 %. Kenaikan ketuntasan hasil belajar murid secara klasikal pada mata pelajaran PPKn setelah diterapkannya metode pembelajaran Take And Give dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas VII A pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Gedangan tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201558

Actions (login required)

View Item View Item