Penerapan pembelajaran model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang / Erni Dwi Kusbawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang / Erni Dwi Kusbawati

Kusbawati, Erni Dwi (2010) Penerapan pembelajaran model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang / Erni Dwi Kusbawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dalam bulan Februari sampai April 2010 di kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang diketahui bahwa motivasi belajar fisika siswa sangat rendah yang ditandai dengan banyak siswa yang mengobrol saat KBM berlangsung ada juga yang sedang menggambar serta hasil belajar fisika siswa rendah yaitu hanya sebesar 41 86% siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal yaitu 70. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model STAD dengan pendekatan inkuiri di kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang mengetahui berapa peningkatkan motivasi belajar siswa dan berapa peningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang setelah menggunakan pembelajaran model STAD dengan pendekatan inkuiri. Penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 5 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas VII-G semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMP Negeri 7 Malang yang berjumlah 43 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi dan hasil belajar kognitif psikomotorik dan afektif siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar kognitif siswa diukur berdasarkan tes ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik diukur berdasarkan nilai rata-rata tiap siklus dan taraf keberhasilan tindakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes lembar observasi motivasi siswa afektif psikomotorik keterlaksanaan pembelajaran dengan aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar siswa meningkat dari 63 83% menjadi 80 60% daya serap klasikal aspek kognitif meningkat dari 69 76% menjadi 81 39% nilai rata-rata aspek afektif juga meningkat dari 71 12% menjadi 76 74%. % nilai rata-rata aspek psikomotorik juga meningkat dari 67 44% menjadi 77 40% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar fisika dan hasil belajar fisika siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20154

Actions (login required)

View Item View Item