Kushindradno, Umar (2010) Penerapan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan metode demonstrasi induktif terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII-A Mts Surya Buana Malang / Umar Kushindradno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kushindradno Umar. 2008. Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri dengan Metode Demonstrasi Induktif untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-A MTs Surya Buana Malang. Skripsi Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Drs. Winarto. Kata Kunci berbasis inkuiri kerja ilmiah metode demonstrasi induktif pembelajaran fisika prestasi belajar Pada jenjang SMP atau MTs siswa diarahkan pada keterampilan berpikir dan proses penalaran. Pengarahan tersebut berupa konsep-konsep yang dipelajari dan penerapannya dalam masalah sehari-hari tetapi metode yang diberikan guru selama ini tentang cara siswa lebih mudah memahami materi dan memecahkan soal. Di sisi lain siswa kurang paham dengan konsep-konsep yang dipelajari dan penerapannya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Pembelajaran yang membuat siswa dapat pemahaman konsep dan penerapannya yaitu dengan pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan metode demontrasi induktif. Pembelajaran tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A MTs Surya Buana Malang yang memperoleh pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan metode demonstrasi induktif. Rancangan penelitian ini menggunakan perencanaan penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk meningkatkan praktik pembelajaran. Langkah penelitian meliputi pengembangan perencanaan (plan) tindakan (act) pengamatan (observe) dan perenungan (reflect). Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dengan teknik diskriptif. Teknik diskriptif yang digunakan adalah verifikasi pengelolaan dan pongalahan paparan interpretasi dan penarikan kesimpulan. Data penelitian ini berupa data hasil kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa. Pada pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan metode demonstrasi induktif terjadi peningkatan yang ditunjukan dalam persentase keberhasilan kerja ilmiah siswa sebesar 62 5% dan prestasi belajar siswa sebesar 20%. Dari hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika berbasis inkuiri dengan metode demonstrasi induktif berdampak positif terhadap kerja ilmiah dan prestasi belajar siswa dan dapat terlaksana dengan baik. Saran yang diajukan bagi penelitian yang menggunakan pembalajaran yang sama berdasarkan temuan saat penelitian ini berlangsung adalah sebahai berikut. Peneliti menggunakan dua siklus dan data yang diperoleh kurang falid maka sedikitnya tiga siklus untuk memperoleh data yang lebih falid. Siswa SMP masih belum banyak yang mengetahui bahasa asing maka bahasa yang digunakan harus sudah dimengerti oleh siswa. LKS yang dibuat harus sesuai dengan kerteria dan dikonsultasikan dengan guru kelas karena dengan kreteria yang tepat dan konsultasi akan tersusun LKS yang mudah difahami dan dikerjakan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Mar 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/20153 |
Actions (login required)
View Item |