Pemberdayaan ekonomi lokal melalui pengembangan taman wisata banyu lumut di desa tegaren kecamatan tugu kabupaten trenggalek / Arum Sukmawati Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan ekonomi lokal melalui pengembangan taman wisata banyu lumut di desa tegaren kecamatan tugu kabupaten trenggalek / Arum Sukmawati Putri

Putri, Arum Sukmawati Putri (2022) Pemberdayaan ekonomi lokal melalui pengembangan taman wisata banyu lumut di desa tegaren kecamatan tugu kabupaten trenggalek / Arum Sukmawati Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan ekonomi lokal Desa Tegaren melalui Pengembangan Taman Wisata Banyu Lumut mengetahui bentuk pemberdayaan ekonomi lokal mengetahui keberhasilan pemberdayaan masyarakat serta mengetahui kendala dan solusi yang diberikan dalam proses pemberdayaan ekonomi lokal melalui kegiatan pengembangan Taman Wisata Banyu Lumut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bentuk pemberdayaan ekonomi lokal berupa berdaya di Taman Wisata Banyu Lumut (pengelola tempat wisata berjualan membuat kerajinan dan pengelolaan homestay) serta hadirnya pelatihan-pelatihan pendukung. Keberhasilan pemberdayaan dapat dilihat dari perubahan mata pencaharian masyarakat yang diikuti peningkatan perekonomian. Kendala yang dihadapi selama proses pemberdayaan ekonomi lokal yaitu kendala alami akibat pandemi covid-19 dan kendala pemerintah dalam pemrosesan perizinan. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut dilakukan dengan penerapan kampanye protokol kesehatan guna menunjang kegiatan pariwisata serta pengajuan perizinan Surat Permohonan Kerjasama (PKS) kepada pihak Perhutani.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201495

Actions (login required)

View Item View Item