Survei tingkat pelaksanaan pembelajaran daring pjok siswa kelas ix smpn 9 malang di masa pandemi covid 19 semester genap 2021/2022 / Ihwan Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei tingkat pelaksanaan pembelajaran daring pjok siswa kelas ix smpn 9 malang di masa pandemi covid 19 semester genap 2021/2022 / Ihwan Fauzi

Fauzi, Ihwan Fauzi (2022) Survei tingkat pelaksanaan pembelajaran daring pjok siswa kelas ix smpn 9 malang di masa pandemi covid 19 semester genap 2021/2022 / Ihwan Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran adalah tujuan dari proses pembelajaran PJOK yang diterapkan pada peserta didik di SMPN 9 Malang Kota Malang guna untuk meminimalisir proses pembelajaran yang kurang efisien sehingga meningkatkan antusias peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaikan oleh pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan sampel yang digunakan adalah peserta didik SMPN 9 Malang kelas IX-B IX-D IX-E dan IX-G dengan jumlah 60 orang yang diambil secara acak sederhana. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang disajikan dalam angket. Sebelum disebarkan untuk mengambil data instrumen penelitian diujicobakan terlebih dahulu kepada 20 peserta didik yang mempunyai karakteristik sama dengan sampel. Dari hasil uji coba instrumen penelitian diketahui bahwa (1) dari 40 butir pernyataan yang terdapat pada kuesioner ada 30 butir pernyataan yang dinyatakan valid dan butir soal kuesioner yang akan diambil untuk disebarkan kepada peserta didik adalah 30 butir pernyataan (2) uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach rsquo s Alpha diperoleh r ac 0 922 gt 0 60 maka instrumen penelitian dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada variabel kualitas materi pembelajaran diperoleh skor hasil 1803 dengan persentase 81 10%. Hal tersebut memperlihatkan bahwa tingkat pelaksanaan pembelajaran daring PJOK dari aspek kualitas materi pembelajaran dapat disimpulkan efektif dengan skor hasil persentase 81 10% persentase tersebut melebihi skor persentase dari hasil penelitian Hamdani amp Priatna yaitu 66 97%. Kualitas materi pembelajaran merupakan informasi terbaru dengan penjelasan yang jelas dan sederhana yang diberikan peserta didik agar mudah untuk dipahami. Isi materi belajar yang diberikan pendidik ke peserta didik dalam proses pembelajaran harus direncanakan agar tujuan pembelajaran tercapai (Herka 2013).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201429

Actions (login required)

View Item View Item