Pengaruh tekanan dan diameter gulungan serat optik terhadap redaman total serat optik / Wahyu Nursani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tekanan dan diameter gulungan serat optik terhadap redaman total serat optik / Wahyu Nursani

Nursani, Wahyu (2010) Pengaruh tekanan dan diameter gulungan serat optik terhadap redaman total serat optik / Wahyu Nursani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nursani Wahyu. 2007. Pengaruh Tekanan dan Diameter Gulungan Serat Optik Terhadap Redaman Total Serat Optik. Skripsi Program Studi Fisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Samsul Hidayat S.Si.MT Kata kunci Serat Optik Tekanan Diameter Gulungan Redaman Total Dalam instalasi serat optik kabel yang terbentang menimbulkan efek tegangan dalam serat optik. Selain itu serat optik yang tergulung juga memberikan sumbangan pada loss. Berdasarkan observasi selama PKL di PT TELKOM RO Surabaya Timur batas tegangan dan diameter gulungan yang dapat ditolerensi selama instalasi serat optik yang digunakan di TELKOM belum diketahui. Maka melalui skripsi ini dilakukan penelitian Pengaruh Tekanan dan Diameter Gulungan Serat Optik terhadap Redaman Total Serat Optik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui redaman total pada serat optik yang disebabkan oleh pengaruh tekanan dan lebar diameter gulungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen laboratoris yang dilakukan di Laboratorium PT. TELKOM RO SURABAYA TIMUR . Redaman total pada serat optik dilakukan dengan cara pengukuran besarnya nilai pada power meter saat laser source di lewatkan serat optik. Dari hasil penelitian bahwa semakin besar tekanan maka semakin besar redaman total serat optik tapi pada nilai tertentu atau besanrya tekanan tertentu redaman total akan mengalami nilai yang stabil. Pada saat core belum diberi tekanan dari luar core tersebut memiliki redaman sebesar 0 61 dB. Saat massa beban 19 19 gram redaman total mencapai 0 61 dB nilai redaman totalnya berubah pada massa beban 20 20 gram pada saat core belum digulung core tersebut memiliki redaman sebesar 0 61 dB besarnya redaman total pada lebar diameter gulungan 2 cm besarnya redaman 1 89 dB saat diameter 4 cm 1 75 dB saat diameter 30 cm 0 73 dB. Saat lebar diameter gulungan 1cm core sudah mengalami kerusakan ( core mengalami patah ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20135

Actions (login required)

View Item View Item