Pengembangan e-modul berbasis stem mata pelajaran boga dasar untuk siswa smk jasa boga kelas x / Dova Briyanda Aqila Internusa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis stem mata pelajaran boga dasar untuk siswa smk jasa boga kelas x / Dova Briyanda Aqila Internusa

Internusa, Dova Briyanda Aqila Internusa (2022) Pengembangan e-modul berbasis stem mata pelajaran boga dasar untuk siswa smk jasa boga kelas x / Dova Briyanda Aqila Internusa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi yang maju juga mempermudah peserta didik menemukan materi pembelajaran tetapi belum tentu sesuai dengan materi pembelajaran dan sumbernya belum tentu terpercaya. Upaya yang dibutuhkan oleh peserta didik yaitu dengan menyediakan sumber belajar dan bahan ajar yang memadai dan efektif. Seiring berkembangnya waktu mulai dibentuk e-book atau e-modul berisi materi pelajaran yang berasal dari buku cetak yang bisa diakses melalui gadget masing-masing agar peserta didik mempu untuk mengakses berbagai macam materi pelajaran dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membawa buku cetak. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengembangkan sumber belajar berupa bahan ajar modul digital atau e-modul berbasis STEM mata pelajaran Boga Dasar materi Bumbu Dasar dan Aplikasinya dalam Masakan Indonesia untuk siswa SMK kelas X Jurusan Jasa Boga. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis kelayakan e-modul Mata Pelajaran Boga Dasar materi Bumbu Dasar dan Aplikasinya dalam Masakan Indonesia. E-modul dikembangkan dengan pendekatan STEM dalam bentuk flipbook. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model penelitian menurut Sugiyono (2018) yang terdiri dari 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba lapangan dan 7) revisi produk. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan penilaian dari ahli materi rata-rata presentase 94 88% ahli bahasa mendapat nilai dengan presentase 90 62% dan ahli media mendapat nilai 100%. Kemudian dengan hasil uji coba oleh kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 89 58% dan uji coba dari kelompok besar menunjukkan presentase 92 96%. Hasil dari penelitian dinyatakan bahwa e-modul berbasis STEM pada mata pelajaran Boga Dasar materi Bumbu Dasar dan Aplikasinya dalam Masakan Indonesia sangat layak dan memenuhi syarat sebagai bahan ajar digital berbasis STEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 08:18
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201342

Actions (login required)

View Item View Item