Simulasi ragam gelombang elektromagnetik yang terpandu di dalam pandu gelombang silinder / M. Helmy Mas Agung - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi ragam gelombang elektromagnetik yang terpandu di dalam pandu gelombang silinder / M. Helmy Mas Agung

Agung, M. Helmy Mas (2010) Simulasi ragam gelombang elektromagnetik yang terpandu di dalam pandu gelombang silinder / M. Helmy Mas Agung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gelombang elektromagnetik secara umum dapat terpandu dalam medium dielektrik yang berbatas konduktor. Dalam banyak aplikasi Geometri pandu gelombang adalah berupa silinder. Berkaitan dengan frekuensi yang terpandu dan dimensi terdapat kuantitas yakni mode (ragam) gelombang Pentingnya melakukan simulasi atas ragam gelombang mengingat selama ini pemahaman karakteristik ragam gelombang yang terpandu di dalam pandu gelombang sulit untuk dimengerti tanpa adanya visual sehingga sifat-sifat perambatan gelombang elektromagnetnya bersifat abstrak. Pada skripsi ini dihasilkan simulasi mode gelombang TMmn dan TEmn yang terpandu dalam pandu gelombang silinder dengan menggunakan pemrograman Mathematica 5.1. Pola pendekatan yang digunakan dengan menggambarkan persamaan intensitas mode gelombang TMmn dan TEmn yang diperoleh dari analisis geometri dan dimensi yang digunakan oleh pandu gelombang silinder berdasarkan persamaan Maxwell pengaruhi yang jika dilakukan variasi mode-mode gelombang dan parameter-parameter seperti frekuensi dimensi dan ragam gelombang maka akan dihasilkan persamaan differensial gelombang yang terpandu di dalam pandu gelombang silinder tersebut. Simulasi ini merupakan bentuk visualisasi persamaan differensial yang telah diperoleh dari analisis geometri dan dimensinya. Dari simulasi ini dihasilkan kurva intensitas yang menggambarkan pola intensitas mode gelombang TM01 TM02 TM03 TM11 TM12 TM13 TM21 TM22 TM23 TM31 TM32 TM33 TM41 TM42 TM43 TE01 TE02 TE03 TE11 TE12 TE13 TE21 TE22 TE23 TE31 TE32 TE33 TE41 TE42 dan TE43 melalui pengaruh variasi parameter-parameter m n 969 969 c dan karakteristik untuk masing-masing mode gelombang yang merambat dalam pandu gelombang silinder. Perambatan mode gelombang ini mensyaratkan 969 969 c di mana hal ini merupakan ketentuan agar suatu mode gelombang dapat merambat di dalam pandu gelombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20134

Actions (login required)

View Item View Item