Pengembangan prototipe software ensiklopedia fisika sekolah menengah pertama pokok bahasan mekanika dengan menggunakan microsoft visual basic 6.0 / Abdul Malik S.R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan prototipe software ensiklopedia fisika sekolah menengah pertama pokok bahasan mekanika dengan menggunakan microsoft visual basic 6.0 / Abdul Malik S.R.

Malik S.R., Abdul (2009) Pengembangan prototipe software ensiklopedia fisika sekolah menengah pertama pokok bahasan mekanika dengan menggunakan microsoft visual basic 6.0 / Abdul Malik S.R. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fisika sering menjadi pelajaran yang menakutkan bagi para siswa. Istilah-istilah baru bagi siswa definisi yang membingungkan siswa serta penjelasan konsep abstrak yang terkadang sulit dipahami oleh siswa menjadikan beberapa kendala dalam belajar fisika sehingga semangat siswa dalam belajar fisika menjadi turun. Software ensiklopedia fisika dapat dijadikan salah satu media belajar dan referensi dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software ensiklopedia fisika yang dapat digunakan dalam referensi dan media pembelajaran fisika di SMP. Software ini dapat digunakan oleh para guru dalam menyampaikan materi serta dapat juga digunakan langsung oleh siswa sebagai media belajar dan referensi fisika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif. Model pengembangan software ini melalui beberapa tahap yaitu (1) tahap identifikasi kebutuhan materi dan media (2) tahap perancangan prototipe yang terdiri dari persiapan pelaksanaan dan editing (3) tahap produksi prototipe software (4) tahap validasi kelompok kecil yang terdiri dari tiga subjek validasi yaitu ahli media ahli materi dan pengguna (5) tahap revisi dan (6) tahap pengemasan akhir. Uji validasi yang digunakan adalah uji kelompok kecil dengan tiga subjek validasi yang terdiri dari tiga orang ahli materi empat orang ahli media dan 30 pengguna. Instrumen validasi yang digunakan berupa angket tertutup berbentuk chek list. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik deskriptif persentase dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi bentuk persentase kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk data kualitatif. Hasil pengembangan software ensiklopedia fisika SMP ini pengguna menyatakan valid pada media ini. Ahli media menyatakan valid dengan kisaran nilai persentase antara 81%-100% pada kelima kriteria penilaian. Kelima kriteria tersebut adalah (1) Kesesuaian pengembangan software dengan definisi ensiklopedia (2) Kesesuaian gambar yang ditampilkan dengan naskah atau pesan teks (3) Ketepatan Jenis dan ukuran huruf (4) Kemenarikan pemilihan layout (5) Kesesuaian pemilihan warna. Ahli materi menyatakan valid dengan kisaran nilai persentase antara 83%-100% pada kelima item penilaian. Kelima item penilaian tersebut diantaranya (1) ketepatan konsep (2) Kesesuaian kedalaman materi dengan tingkat berfikir siswa SMP (3) Kesesuaian penggunaan bahasa dengan tingkat berfikir siswa SMP (4) Kesesuaian materi dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan (5) Kesesuaian pengembangan materi dengan definisi ensiklopedia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20131

Actions (login required)

View Item View Item