Hubungan kesadaran metakognitif dan self-compassion terhadap psychological well-being mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Luthfianti Wahyu Noerlillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kesadaran metakognitif dan self-compassion terhadap psychological well-being mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Luthfianti Wahyu Noerlillah

Noerlillah, Luthfianti Wahyu Noerlillah (2022) Hubungan kesadaran metakognitif dan self-compassion terhadap psychological well-being mahasiswa program studi s1 pendidikan teknik elektro universitas negeri malang / Luthfianti Wahyu Noerlillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Psychological well-being adalah kondisi individu atas realisasi dan pencapaian penuh dari potensi diri serta memiliki mental sehat dan berfungsi optimal untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri dalam mencapai tujuan hidup yang dimiliki. Masa transisi dari remaja menuju dewasa yang sedang dialami mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro (PTE) menyebabkan fluktuasi psychological well-being dan perlu disadari secepatnya. Faktor yang diduga memengaruhi psychological well-being (Y) mahasiswa S1 PTE UM yaitu kesadaran metakognitif (X1) dan self-compassion (X2). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengungkap (1) tingkat kesadaran metakognitif (X1) self-compassion (X2) dan psychological well-being (Y) (2) signifikansi hubungan secara parsial X1 terhadap Y (3) signifikansi hubungan secara parsial X2 terhadap Y dan (4) signifikansi hubungan secara simultan X1 dan X2 terhadap Y. Rancangan penilitian ini adalah penilitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional bersifat ex-post facto. Populasi penelitian adalah mahasiswa S1 PTE angkatan 2018 yang sedang menjalani tahun keempat perkuliahan sejumlah 75 mahasiswa. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel sejumlah 75 mahasiswa agar didapatkan hasil representatif dari mahasiswa S1 PTE tahun keempat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitias. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasi parsial dan regresi ganda uji prasyarat analisis dan analisis sumbangan prediktor. Data penelitian akan diolah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian mengungkap bahwa variabel X1 X2 dan Y dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara dan terhadap Y. Nilai sumbangan efektif setiap variabel adalah kesadaran metakognitif (X1) sebesar 32 07% dan self-compassion (X2) sebesar 33 84%. Nilai Sumbangan relatif setiap variabel adalah kesadaran metakognitif (X1) sebesar 48 66% dan self-compassion (X2) sebesar 51 34%. Besarnya nilai sumbangan kedua variabel bebas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel psychological well-being (Y) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian adalah tingkat X1 X2 dan Y termasuk kategori tinggi. Terdapat hubungan secara parsial antara kesadaran metakognitif (X1) terhadap psychological well-being (Y) dan self-compassion (X2) terhadap psychological well-being (Y). Terdapat hubungan secara simultan antara kesadaran metakognitif (X1) dan self-compassion (X2) terhadap psychological well-being (Y). Ketiga hubungan tersebut memiliki arah nilai korelasi positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201297

Actions (login required)

View Item View Item