Pengaruh suhu sintering dan medan magnet terhadap konstanta dielektrik senyawa Zn0,92Fe0,08O1?δ / Dedi Hendriyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh suhu sintering dan medan magnet terhadap konstanta dielektrik senyawa Zn0,92Fe0,08O1?δ / Dedi Hendriyana

Hendriyana, Dedi (2009) Pengaruh suhu sintering dan medan magnet terhadap konstanta dielektrik senyawa Zn0,92Fe0,08O1?δ / Dedi Hendriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan ruang lingkup teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan sudah dikenal dalam dunia pendidikan selama ini antara lain untuk alat-alat bantu belajar seperti Slide OHP LCD Projector komputer dan penggunaan alat-alat teknologi lain untuk laboratorium. Penggunaan media pembelajaran tersebut sangat dimungkinkan akan menambah minat siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkan begitu pula dengan penggunaan media peta konsep model basis data. Pembelajaran dengan bantuan peta konsep model basis data berbantuan komputer adalah pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan peta konsep yang disajikan dalam bentuk basis data Hypertext disajikan dalam aplikasi komputer. Peranan media peta konsep model basis data sejalan dengan penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara pembelajaran yang dilakukan SMAN IV Malang masih menggunakan metode konvensional padahal pada bagian sarana dan prasarana telah tersedia LCD dan komputer yang mendukung dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan media. Oleh karena itu perlu diteliti bagaimana perbedaan minat siswa yang diajar dengan metode konvensional dan minat siswa yang diajar dengan menggunakan peta konsep model basis data. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sebab dalam penelitian ini peneliti ingin menyelidiki perbedaan minat belajar fisika dari kelompok yang diajar dengen media peta konsep model basis data berbantuan komputer dengan kelompok yang diajar dengan metode konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN IV Malang kelas X Semester 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri IV Malang sedangkan sebagai sampel diambil kelas X.4 dan X.6 SMA Negeri IV Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa yang diberi pembelajaran dengan bantuan peta konsep model basis data berbantuan komputer lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Perbedaan minat tersebut dapat terlihat dari minat akhir dengan P- Value 0 05 hal ini ditunjukan dari diterimanya H1 dan nilai rata-rata minat yang lebih baik dengan media peta konsep. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru agar lebih mengupayakan media pembelajaran yang lebih baik dalam proses belajar mengajar. Dimungkinkan dengan media yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik salah satunya dengan peta konsep model basis data berbantuan komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item