Perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika menggunakan media powerpoint dibandingkan dengan media audio visual pada siswa kelas x teknik otomasi industri di smkn 1 singosari / Dwi Adi Putra Mistahul Ridho - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika menggunakan media powerpoint dibandingkan dengan media audio visual pada siswa kelas x teknik otomasi industri di smkn 1 singosari / Dwi Adi Putra Mistahul Ridho

Ridho, Dwi Adi Putra Mistahul Ridho (2022) Perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika menggunakan media powerpoint dibandingkan dengan media audio visual pada siswa kelas x teknik otomasi industri di smkn 1 singosari / Dwi Adi Putra Mistahul Ridho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya wabah pandemi COVID-19 menyebabkan berubahnya kegiatan belajar disekolah yang biasanya berlangsung secara tatap muka berada didalam kelas berubah menjadi daring (online). Hal ini menyebabkan berbagai kendala seperti siswa tidak dapat menangkap materi kesulitan mempelajari sendiri suatu materi kebingungan untuk memulai mempelajari materi darimana terlebih dahulu. Uraian permasalahan diatas melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian membandingkan media pembelajaran guna membantu siswa agar dapat belajar lebih mudah dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media powerpoint pada pembelajaran daring 2) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran daring 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan media powerpoint dan media audio visual. Pada penelitian ini kelas A menerapkan pembelajaran secara daring dengan media powerpoint dan kelas B menerapkan pembelajaran secara daring dengan media audio visual (video). Rancangan penelitian ini menggunakan data hasil belajar awal siswa dari nilai kuis dan ujian yang telah dilakukan dan menggunakan posttest untuk mengetahui hasil belajar akhir siswa setelah diberi perlakuan. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen A memperoleh hasil posttest dengan nilai rata-rata 84. Siswa kelas eksperimen B memperoleh hasil posttest dengan nilai rata-rata mencapai 88. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B terhadap hasil belajar. Siswa kelas eksperimen B yang menggunakan media audio visual (video) lebih unggul daripada siswa kelas eksperimen A yang menggunakan media powerpoint.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201251

Actions (login required)

View Item View Item