Rancang bangun sistem otomasi buka tutup pintu dengan kartu magnet / Wilhanul Hakim Atawai - Repositori Universitas Negeri Malang

Rancang bangun sistem otomasi buka tutup pintu dengan kartu magnet / Wilhanul Hakim Atawai

Wilhanul Hakim Atawai (2008) Rancang bangun sistem otomasi buka tutup pintu dengan kartu magnet / Wilhanul Hakim Atawai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Privasi terhadap barang milik pribadi semakin dibutuhkan. Kamar pada sebuah hotel atau loker di kantor yang memberikan jaminan keamanan terhadap barang di dalamnya. Dengan mengaplikasikan kartu magnet sebagai alat untuk membuka pintu yang hanya memungkinkan pemilik kartu yang dapat membuka. Sehingga orang lain tidak dapat membukanya. Suatu sistem keamanan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam memecahkan kode akan menjadikan sistem itu pilihan untuk dipakai sebagai pengamanan. Merekam kode pada kartu magnet beserta pembacaannya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Untuk itu perancangan sistem ini bertujuan untuk membuat suatu sistem buka dan tutup pintu dengan kartu magnet. Sistem otomasi ini disusun atas tiga unit yaitu pertama fuction generator dan mikrokontroler yang terintegrasi dengan preamp head yang berfungsi untuk merekam data pada pita magnet. Pita magnet yang telah tersimpan data selanjutnya kita sebut dengan kartu magnet. Kedua adalah preamp head dan FSK demodulator. Preamp berfungsi untuk mengolah sinyal magnet pita menjadi sinyal listrik FSK. Untuk sinyal FSKdiolah oleh FSK demodulator preamp head komparator sipo. Ketiga adalah komparator data tiga bit yang berfungsi untuk memberikan nilai apakah data kartu magnet tersebut true atau false. Nilai tersebut memberikan dasar untuk melakukan perintah menjalankan motor stepper oleh mikrokontroler. Sistem ini dilengkapi dengan motor stepper untuk membuka dan menutup pintu yang dikontrol dengan mikrokontroler. Sistem coding dengan mengaplikasikan kartu magnet sebagai data kode dapat diterapkan pada rancang bangun sistem otomasi buka tutup pintu. Tiga bit data berhasil disimpan pada kartu mgnet dalam penelitian ini. Ketika data pada kartu magnet dibaca dan diterjemahkan memberikan nilai true dengan kode 010 maka mikrokontroler memerintahkan motor stepper untuk memutar kekiri sehingga pintu akan terbuka tetapi jika false dengan kode 101 lampu indikator led menyala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item