Pengaruh penerapan model pembelajaran explicit instruction dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran perakitan komputer siswa tkj kelas x smk nu trate gresik / Widiya Ayu Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran explicit instruction dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran perakitan komputer siswa tkj kelas x smk nu trate gresik / Widiya Ayu Lestari

Lestari, Widiya Ayu Lestari (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran explicit instruction dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar mata pelajaran perakitan komputer siswa tkj kelas x smk nu trate gresik / Widiya Ayu Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses belajar mengajar Perakitan Komputer di SMK NU Trate Gresik dalam penyampaian pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga dapat menyebabkan siswa pasif dan siswa kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru kurangnya ketertarikan siswa pada materi yang disampaikan guru akan berdampak pada pemahaman materi siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Maka dari itu perlunya penggunaan model pembelajaran yang tepat. Sehingga alternatif yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan dipadukan dengan Metode Pembelajaran Demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana tujuan utamanya adalah untuk mengetahui hubungan signifikan antara variabel yang diteliti. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan tipe Quasi Experimental Design untuk desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design desain penelitian ini menggunakan dua kelas dalam penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa TKJ kelas X SMK NU Trate Gresik pada mata pelajaran perakitan komputer mengalami peningkatan setelah diterapkan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan nilai rerata yaitu untuk kelas kontrol sebesar 78 80 dan kelas eksperimen sebesar 82 20. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut kesimpulan yang didapatkan dari penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Demonstrasi adalah (1) pada kelas kontrol hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa (2) kelas eksperimen juga mengalami peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran explicit instruction dengan metode demonstrasi (3) Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Metode Demonstrasi efektif diterapkan pada kelas X TKJ SMK NU Trate gresik yang ditandai dengan peningkatan rerata nilai pretest kenilai posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201137

Actions (login required)

View Item View Item