Pengaruh penerapan project based learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer jaringan dasar peserta didik tkj smk negeri 2 turen / Triantika Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan project based learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer jaringan dasar peserta didik tkj smk negeri 2 turen / Triantika Andayani

Andayani, Triantika Andayani (2022) Pengaruh penerapan project based learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran komputer jaringan dasar peserta didik tkj smk negeri 2 turen / Triantika Andayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andayani Triantika. 2021. Pengaruh Penerapan Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Smk Negeri 2 Turen. Proposal Skripsi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. Syaad Patmanthara M.Pd. (II) Gres Dyah Kusumaningrum S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Project Based Learning Pendekatan Saintifik Hasil Belajar Proses pembelajaran mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar pada SMK Negeri 2 Turen masih menggunakan model pembelajaran dengan metode ceramah hal tersebut tentu membuat peserta didik menjadi pasif dalam aktifitas pembelajaran. Selain itu hal tersebut juga menjadi penyebab kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran secara praktik. Dikarenakan dalam metode ceramah siswa kurang bisa menyampaikan pertanyaan kepada guru. Maka dari itu diperlukan sebuah model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Project Based Learning dengan pendekatan saintifik menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh diterapkannya Model Pembelajaran Project Based Learning dipadukan dengan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar untuk mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar TKJ Kelas X SMK Negeri 2 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang memiliki tujuan utama yaitu mengetahui hubungan yang signifikan antara variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Rancangan Penelitian Semu (Quasi Experimental Design) dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Selanjutnya pada penelitian ini digunakan bentuk sampling purposive sampling dengan menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan analisa penelitian didapatkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar mengalami peningkatan setelah diterapkannya model Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan dimana kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 80 5 dan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 83 4. Berdasarkan data dan hasil tersebut kesimpulan yang didapatkan dari Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik adalah (1) Model Pembelajaran PjBL memberi peningkatan pada hasil belajar peserta didik (2) Adanya pengaruh yang positif antara model pembelajaran PjBL terhadap hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik setelah diterapkannya Model PjBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201096

Actions (login required)

View Item View Item