Hubungan pengalaman mengajar dan pelatihan guru terhadap kualitas pembelajaran soft skill / Bella Nur Vita - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pengalaman mengajar dan pelatihan guru terhadap kualitas pembelajaran soft skill / Bella Nur Vita

Vita, Bella Nur Vita (2022) Hubungan pengalaman mengajar dan pelatihan guru terhadap kualitas pembelajaran soft skill / Bella Nur Vita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan soft skill saat ini telah menjadi tuntutan dan tolak ukur penentu seseorang bisa diterima di dunia kerja. Soft skill yang dimaksud berupa kemampuan komunikasi kerja sama dan tanggung jawab. Lemahnya kompetensi soft skill masih dimiliki lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berakibat rendah pada daya serap lulusan SMK di dunia kerja. Kualitas lulusan SMK menjadi tanggung jawab guru untuk mengintegrasikan komponen kompetensi secara maksimal. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui pengalaman mengajar dan pelatihan guru. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) pengalaman mengajar pengalaman pelatihan guru serta kualitas pembelajaran soft skill di SMK Negeri 1 Kediri (2) hubungan pengalam mengajar terhadap kualitas pembelajaran soft skill (3) hubungan pengalaman pelatihan guru terhadap kualitas pembelajaran soft skill (4) hubungan pengalaman mengajar dan pelatihan guru secara bersama-sama terhadap kualitas pembelajaran soft skill. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Responden pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran produktif di SMK Negeri 1 Kediri dengan jumlah 51 orang guru. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan metode alpha cronbach. Uji prasyarat analisis diantaranya uji normalitas uji linieritas uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) pengalaman mengajar dan pengalaman pelatihan guru di SMK Negeri 1 Kediri masuk pada kategori cukup baik sedangkan kualitas pembelajaran soft skill masuk pada kategori baik (2) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman mengajar (X1) dengan kualitas pembelajaran soft skill (Y) pada guru mata pelajaran produktif ditunjukkan dengan nilai pearson correlation sebesar 0 103 dan nilai sig. sebesar 0 472 (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman pelatihan guru (X2) dengan kualitas pembelajaran soft skill (Y) pada guru mata pelajaran ditunjukkan dengan nilai pearson correlation sebesar 0 526 dan nilai sig. sebesar 0 000 (4) terdapat hubungan yang signifikan antara pengalaman mengajar (X1) dan pelatihan guru (X2) secara bersama-sama dengan kualitas pembelajaran soft skill (Y) pada guru mata pelajaran produktif ditunjukkan dengan nilai pearson correlation sebesar 0 526 dan nilai sig. sebesar 0 000.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 01:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201074

Actions (login required)

View Item View Item