Perbedaan model pembelajaran problem based learning dengan konvensional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran konstruksi utilitas gedung siswa kelas xii smk negeri 6 malang / Khurnia Nailul Izzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan model pembelajaran problem based learning dengan konvensional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran konstruksi utilitas gedung siswa kelas xii smk negeri 6 malang / Khurnia Nailul Izzah

Izzah, Khurnia Nailul Izzah (2021) Perbedaan model pembelajaran problem based learning dengan konvensional terhadap hasil belajar pada mata pelajaran konstruksi utilitas gedung siswa kelas xii smk negeri 6 malang / Khurnia Nailul Izzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang beupa masalah yang diberikan kepada siswa untuk melatih siswa mandiri dan dapat bekerjasama dengan kelompok untuk menganalisis permasalahan sendiri dan mengutamakan kompetensi. Sedangkan pembelajaran konvensional merupakan bentuk pembelajaran yang materi sepenuhnya dijelaskan oleh guru lebih banyak menjelaskan teori-teori dan tidak mengutamakan kompetensi. Pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan internet memudahkan siswa untuk mencari dan menemukan permasalahan yang dihadapi dan mencari solusi untuk mewujudkannya dalam bentuk project. Pembelajaran konvensional dengan media E-learning dilakukan guna mengatasi masalah pandemic COVID-19 yang keseluruhan pembelajaran dilakukan secara online. Google Classroom dan Google Meet merupakan sarana untuk membantu siswa mengakses dan berkomunikasi dengan guru maupun siswa dengan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII DPIB 3 setelah melaksanakan proses pembelajaran konvensional untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII DPIB 4 setelah diberi perlakuan pembelajaran Problem Based Learning dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa XII DPIB 3 dan XII DPIB 4 SMKN 6 Malang. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan bentuk desain quasi experimental design. Penelitian ini menerapkan pembelajaran Problem Based Learning dengan pembelajaran Konvensional. Sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas XII DPIB 3 sebagai kelas Konvensional berjumlah 31 siswa sedangkan kelas XII DPIB 4 sebagai kelas Problem Based Learning berjumlah 31 siswa SMKN 6 Malang. Teknik pengambilan sampel dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik posttest untuk mengukur hasil belajar siswa serta dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil yang didapat dari penelitian menghasilkan nilai rata-rata hasil belajar kelas konvensional XII DPIB 3 sebesar 66 94 sedangkan nilai hasil belajar kelas Problem Based Learning sebesar 81 13. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan nilai hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas konvensional dan kelas Problem Based Learning. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar kelas Problem Based Learning lebih tinggi daripada kelas konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201072

Actions (login required)

View Item View Item