Kesesuaian isi buku teks mata pelajaran teknik pengukuran tanah kompetensi keahlian dpib dengan kurikulum 2013 / Ahmad Akhson Mukhlisin - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesesuaian isi buku teks mata pelajaran teknik pengukuran tanah kompetensi keahlian dpib dengan kurikulum 2013 / Ahmad Akhson Mukhlisin

Mukhlisin, Ahmad Akhson Mukhlisin (2022) Kesesuaian isi buku teks mata pelajaran teknik pengukuran tanah kompetensi keahlian dpib dengan kurikulum 2013 / Ahmad Akhson Mukhlisin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Buku teks merupakan salah satu unsur sumber belajar yang sangat menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu hal ini juga dapat menjadi faktor pendukung tercapainya keberhasilan pembelajaran. Adanya buku teks yang sesuai dengan kriteria kelayakannya ini diperlukan dalam implementasi pembelajaran di sekolah termasuk SMK. Hal tersebut berpengaruh terhadap pengembangan kompetensi siswa secara mendasar dalam mata pelajaran di sekolah. Oleh karena itu telaah kelayakan penting dilaksanakan terhadap buku teks pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks pada mata pelajaran teknik pengukuran tanah kompetensi keahlian Desaian Permodelan dan Informasi Bangunan dengan kurikulum 2013. Hal itu ditinjau dari kesesuaian materi lembar kerja siswa dan soal evaluasi yang ada pada kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yakni analisis konten atau content analysis dengan mengukur kelayakan konten/isi dari buku teks mata pelajaran teknik pengukuran tanah yang ditinjau dari beberapa aspek berdasarkan kurikulum 2013. Uji validitas yang dilakukan peneliti melalui adanya validasi ahli dengan mongkonsultasikan kepada dosen pembimbing. Sumber data pada penelitian ini adalah buku berjudul ldquo Ukur Tanah rdquo ditulis oleh Drs. Nugroho Muhammad Sofwan Hadi M.Pd yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta pada tahun 2014. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik analisi pada buku teks berdasarkan kurikulum 2013 dan menggunakan instrumen pengamatan langsung atau lembar pencermatan yang meliputi kesesuaian materi lembar kerja siswa (LKS) dan soal evalauasi. Prosedur pengumppulan data antara lain menyiapkan buku teks pelajaran SMK mata pelajaran teknik pengukuran tanah K13 membuat desain penelitian membuat dan menyiapkan instrumen penelitian melakukan telaah dokumen dari sumber data yang digunakan menulis data temuan pada instrumen yang telah disediakan. Hasil analisis penelitian menunjukkan tingkat kesesuaian materi diperoleh presentase sebesar 73 75 % (valid) tingkat kesesuaian LKS presentasenya sebesar 56 25 % (kurang valid) serta tingkat kesesuaian soal evaluasi diperoleh presentase sebesar 52 25 % (kurang valid). Berdasarkan 3 aspek tingkat kesesuaian meliputi materi LKS dan soal evaluasi yang termuat dalam buku tersebut diperoleh presentase tingkat kesesuaiannya sebesar 61 % sehingga secara keseluruhan termasuk dalam kategori valid/sesuai untuk digunakan namun perlu adanya perbaikan tertentu pada beberapa komponen yang masih kurang sesuai dan belum terdapat di dalamnya sesuai hasil analisis dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201071

Actions (login required)

View Item View Item