Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan media pembelajaran powerpoint siswa kelas xi tkro di smkn 6 malang / Eriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan media pembelajaran powerpoint siswa kelas xi tkro di smkn 6 malang / Eriyanto

Eriyanto (2022) Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan media pembelajaran powerpoint siswa kelas xi tkro di smkn 6 malang / Eriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia untuk menunjang kehidupan sehari-hari oleh sebab itu manusia berusaha agar bisa mengembangkan bakat dan potensi dirinya baik melalui proses pembelajaran formal maupun belajar mandiri. Mulai dari pendidikan dasar pendidikan menengah dan pendidikan atas hingga perguruan tinggi merupakan pendidikan formal yang terstruktur dan berjenjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Hasil penelitian ini dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kompetensi menerapkan cara memilih ban dan pelek untuk pemakaian khusus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Rancangan penelitian ini adalah Posttest Control Group Design Only. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Uji T untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara menggunakan media pembelajaran webtoon dan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Hasil penelitian ini didapatkan hasil Uji T mengenai hasil belajar siswa yang menunjukan nilai Sig. 0 000 lt 0 05. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji statistik deskriftif dalam penelitian ini menunjukan hasil belajar menggunakan media pembelajaran webtoon memperoleh nilai rata-rata 83 46. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan media pembelajaran powerpoint memperoleh nilai rata-rata 74 13 dan masih terdapat siswa yang nilainya tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Motivasi belajar siswa didapat hasil Uji T yang menunjukan nilai Sig. 0 000 lt 0 05. Hal ini juga dapat diinterpretasikan bahwa ada perbedaan motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji statistik deskriptif dalam penelitian ini menunjukan motivasi belajar menggunakan media pembelajaran webtoon memperoleh nilai rata-rata 81 50. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan media pembelajaran powerpoint memperoleh nilai rata-rata 69 43 yang berarti kelas eksperimen memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201062

Actions (login required)

View Item View Item