Peningkatan prestasi belajar fisika pokok bahasan pemantulan cahaya dengan menggunakan alat peraga/bangku optik di SLTPN 18 Malang / Sriwilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar fisika pokok bahasan pemantulan cahaya dengan menggunakan alat peraga/bangku optik di SLTPN 18 Malang / Sriwilujeng

Sriwilujeng (2008) Peningkatan prestasi belajar fisika pokok bahasan pemantulan cahaya dengan menggunakan alat peraga/bangku optik di SLTPN 18 Malang / Sriwilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat materi cermin yang ada hubungannya dengan pemantulan cahaya. Untuk memotivasi belajar fisika dalam rangka meningkatkan prestasi belajar fisika digunakan alat peraga agar siswa lebih memahami pelajaran fisika pokok bahasan cahaya yang diberikan saat akan memulai kegiatan belajar mengajar dan guru menggunakan pendekatan ketrampilan proses sehingga siswa lebih aktif dalam melakukan percobaan. Dengan mengembangkan percobaan alat peraga pada siswa diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Petunjuk yang sering digunakan adalah LKS yang berisi pertanyaan yang harus dijawab siswa setelah melakukan percobaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga cermin terhadap prestasi belajar fisika dan agar siswa dapat menyimpulkan hasil percobaan dengan baik. Penelitian dilaksanakan di SLTP Negeri 18 Malang dengan pokok bahasan pemantulan cahaya pada cermin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SLTP Negeri 18 Malang. Prestasi belajar fisika siswa diukur dengan menggunakan tes prestasi belajar fisika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah diskriptif kuantitatif sumber data dari SLTP 18 Malang. Sumber data yang diklarifikasikan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer digali dari siswa kelas II SLTP N 18 Malang. Data sekunder digali dari guru fisika di SLTP Negeri 18 Malang. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data (2) display data (3) kesimpulan verifikasi dan refleksi. Untuk mengetahui perlakuan yang lebih baik untuk mendukung peningkatan prestasi belajar digunakan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif yang mencakup rerata varians dan deviasi standart nilai maximum dan minimum. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa rerata mulai pre test I sebesar 25 66 nilai post tes I sebesar 57 dan rerata nilai pre test II sebesar 28 66 dan nilai post test II sebesar 70 5. Berdasarkan data tersebut disimpulkan sebagai berikut (1) tindakan berupa alat peraga cermin dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (2) tindakan alat berupa cermin dapat membangkitkan motivasi belajar siswa dalam menyimpulkan hasil percobaan. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan di atas disarankan agar guru lebih lebih serius menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran fisika terutama dalam percobaan dan bekerja sama dengan guru Fisika yang lain sehingga diperoleh permasalahan proses belajar mengajar yang memerlukan perbaikan dengan pengembangan alat peraga. Jika menemui permasalahan yang sama yakni tentang pemahaman konsep fisika hendaknya dalam penyusunan rencana tindakan lebih mengutamakan pendekatan alat peraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20104

Actions (login required)

View Item View Item