Prototipe sistem deteksi dini pada daerah rawan banjir berbasis mikrokontroller melalui telepon seluler / Sari Ratna H. - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototipe sistem deteksi dini pada daerah rawan banjir berbasis mikrokontroller melalui telepon seluler / Sari Ratna H.

Sari Ratna H. (2010) Prototipe sistem deteksi dini pada daerah rawan banjir berbasis mikrokontroller melalui telepon seluler / Sari Ratna H. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banjir dan tanah longsor bukan merupakan masalah baru tetapi korban dan kerugian semakin bertambah namun kemampuan kecepatan antisipasi pemerintah dan masyarakat masih sangat kurang. Kota-kota besar seperti Jakarta Bandung Surabaya merupakan daerah rawan banjir setiap tahunnya. Padahal mobilitas masyarakat di daerah tersebut sangat tinggi. Jadi dapat dipastikan banjir akan mempengaruhi segala aktifitas masyarakat.Untuk itu perlu dibuat sebuah sistem pengukur kondisi ketinggian air yang dapat diakses melalui Short Message Service (SMS) sehingga masyarakat dapat mengetahui kondisi normal sedang bahaya. Tujuan dari perancangan sistem ini yaitu merancang prototipe sistem deteksi air dengan sensor LVDT melalui aplikasi mikrokontroller AT89C52 beserta program (software) untuk mendeteksi ketinggian air serta mengirimkan infomasi melalui layanan SMS. Secara keseluruhan hardware sistem yang dihasilkan terdiri dari sensor LVDT penguat opersional pengkonversi sinyal analog ke digital (ADC) mikrokontroller Liquid Crystal Display (LCD) dan telepon seluler. Sistem yang dihasilkan merupakan prototipe sehingga pengukuran kondisi pada skala kecil dalam rentang 8 cm. Sensor LVDT berfungsi mendeteksi ketinggian air penguat operasional berfungsi sebagai pengkondisi sinyal Analog to Digital Converter (ADC) berfungsi mengkonversi tegangan dari sensor menjadi data digital yang akan diproses oleh mikrokontroller. Mikrokontroller berfungsi untuk mengolah data digital dari ADC mengatur tampilan LCD dan berkomunikasi serial dengan telepon seluler. Telepon seluler berfungsi untuk menerima dan mengirim pesan. Pesan yang dikirim berupa ketinggian air serta kondisinya sedangkan LCD berfungsi untuk menampilkan tinggi air serta kondisi seperti normal sedang atau bahaya. Sistem ini mampu memantau kondisi ketinggian air dan informasi dapat diakses melalui SMS serta ditampilkan melalui LCD. Hasil pengujian keseluruhan sistem menunjukkan bahwa prototipe sistem mampu mamantau kondisi ketinggian air dalam rentang 8 cm dan menampilkannya pada LCD. Ketika ada permintaan berupa SMS sistem akan memberikan balasan berupa kondisi ketinggian air yang terukur saat itu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20102

Actions (login required)

View Item View Item