Penerapan metode kooperatif tipe savi (somatic auditory visual and intellectual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin siswa kelas x teknik pemesinan di smkn 1 blitar / Zalika Husnatul Khuluq - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode kooperatif tipe savi (somatic auditory visual and intellectual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin siswa kelas x teknik pemesinan di smkn 1 blitar / Zalika Husnatul Khuluq

Khuluq, Zalika Husnatul Khuluq (2022) Penerapan metode kooperatif tipe savi (somatic auditory visual and intellectual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik mesin siswa kelas x teknik pemesinan di smkn 1 blitar / Zalika Husnatul Khuluq. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa kelas X TPm-3 tahun ajaran 2020/2021 di SMKN 1 Blitar mengalami nilai yang lebih rendah dari kelas lainnya. Hal ini karena masih banyak siswa yang belum memahami dan masih kesulitan dalam mata pelajaran gambar teknik mesin khususnya pada bab proyeksi pictorial sehingga banyak siswa kelas X TPm-3 yang belum mencapai KKM. Oleh karena itu peneliti melakukan penerapan model pembelajaran tipe SAVI (Somatic Audiotory Visual Intellectual) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPm-3 di SMKN 1 Blitar. Dalam model pembelajaran SAVI terdapat 4 sintaks yaitu 1) Somatic (belajar dengan bergerak dan berbuat) 2) Audiotory (belajar dengan mendengar dan berbicara) 3) Visual (belajar dengan mengamati dan menggambarkan) dan 4) Intellectual (belajar memecahkan masalah). Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Pemesinan SMKN 1 Blitar yang berjumlah 36 siswa dan dilaksanakan secara sikluitis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan presentase yang dilakukan menghitung menggunakan rumus data keterlaksanaan pembelajaran observasi dan menarik kesimpulan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dari siswa pada siklus I dan siklus II masing-masing adalah sebesar 67 6% dan 90 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/201009

Actions (login required)

View Item View Item