Yudianto, Arif (2011) Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VI di SDN Tlogosari 01 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang / Arif Yudianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci TGT (Teams Games Tournament) Hasil belajar. Pendidikan memiliki peran penting dalam memperbaiki mutu sumber daya manusia dan kemajuan suatu bangsa hanya bisa dicapai melalui penataan pendidikan yang baik. Upaya peningkatan mutu pendidikan diharapkan dapat meningkatkan harkat serta martabat manusia Indonesia. Selain pembenahan kurikulum peningkatan mutu pendidikan juga dilakukan melalui metode-metode yang diterapkan supaya hasil belajar siswa semakin meningkat. Metode-metode pembelajaran tersebut salah satunya dengan menerapkan medel pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) . dalam pembelajaran model ini siswa dituntut untuk salang bekerjasama dalam kelompok heterogen dan bersaling dalam meja turnamen melawan perwakilan keompok lain. Diharapkan dengan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VII SDN Tlogosari 01 kabupaten Malang melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dan dideskripsikan secara kantitatif. Intrument yang digunakan adalah lembar observasi catatan lapangan lembar wawancara guru LKS soal turnament dan tes hasil belajar Penelitian dilakukan di SDN Tlogosari 01 Kabupaten Malang mulai tangal 28 Februari 2011 sampai tanggal 19 maret 2011. Subyek penelitian siswa kelas VI yang berjumlah 33 siswa. Dibagi menjadi 8 kelompok heterogen dalam diskusi mengerjakan LKS dan dibagi menjadi 4 kelompok homogen untuk melakukan permainan turnament dengan mengumpulkan skor sebanyak mungkin untuk kelompoknya. Hasil penelitian siklus I menunjukan beberapa kelemahan dan kekuarangan di antanya guru masih belum memahami konsep pembelajaran model TGT kurangnya kemampuan guru dalam mengolah kelas siswa masih belum terbiasa dengan proses pembelajaran TGT siswa belum mengerti peraturan permainan turnamen. Namun melalui pengukuran tes hasil belajar siklus I menunjukan peningkatan hasil belajar siswa bila dibandingkan dengan sebelum tindakan dilakuakan . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar pada saat pratindakan hanya memperoleh presentase ketuntasan 42 42% meningkat di siklus I menjadi 78 78%. Untuk melanjutkan penerapan model pembelajaran TGT siklus II dilakukanlah perbaikan-perbaikan oleh peneliti dan guru bidang studi. Perbaikan tersebut di antaranya memberikan pemahaman guru dalam model pemebelajaran kelas meningkatkan perhatian pada siswa dan membantu guru dalam menjelaskan peraturan permainan. Dalam siklus ke II siswa sudah memahami penerapan model pembelajaran TGT dan menunjukan hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa siklus I memperoleh presentase ketuntasan 78 78% pada siklus II meningkatan yaitu menjadi 100% Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Tlogosari 01 Kabupaten Malang. Diharapkan dari hasil penelitian ini guru dapat menerapkan model pembelajaran TGT di kelas untuk upaya meningkatkan hasil belajar siwa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |