Simulasi pola pigmentasi pada kulit binatang dengan model cellular automata dua dimensi / Suwarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi pola pigmentasi pada kulit binatang dengan model cellular automata dua dimensi / Suwarno

Suwarno (2007) Simulasi pola pigmentasi pada kulit binatang dengan model cellular automata dua dimensi / Suwarno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suwarno. 2007. Simulasi Pola Pigmentasi pada Kulit Binatang dengan Model Cellular Automata Dua Dimensi. Skripsi. Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Johanis A. Rampisela M.S. (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci Pola pigmentasi cellular automata dua dimensi bobot bobot total. Pada tingkat visual pola pigmentasi pada kulit binatang akan menunjukkan beberapa contoh nyata organisme biologi yang beragam. Diduga bahwa untuk mendapatkan jenis pola pigmentasi yang beragam dalam pola tersebut diperlukan mekanisme yang kompleks dan berhubungan dengan proses seleksi alam (Wolfram 2002 422). Namun pada kenyataannya pola pigmentasi pada kulit binatang dapat dilakukan dengan proses yang mempunyai aturan dasar yang sangat sederhana dengan keadaan awal acak (Wolfram 2002 423). Skripsi ini bertujuan untuk membuat program komputer yang mampu menghasilkan pola pigmentasi pada kulit binatang dengan dua warna. Aturan yang digunakan adalah sel akan berwarna hitam jika bobot totalnya bernilai positif dan berwarna putih jika bernilai negatif. Hasil program menunjukkan beberapa pola pigmentasi pada kulit binatang yaitu pola pada zebra pola pada rabbitfish pola pada macan tutul dan pola pada jenis ikan tertentu. Dengan program ini beberapa pola pigmentasi pada kulit binatang dapat dihasilkan dengan memberikan keadaan awal acak dan mengatur bobot tiap sel dengan nilai tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20095

Actions (login required)

View Item View Item