Simulasi reaksi Belousov-Zhabotinsky dengan model cellular automata / Hadi Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi reaksi Belousov-Zhabotinsky dengan model cellular automata / Hadi Cahyono

Hadi Cahyono (2009) Simulasi reaksi Belousov-Zhabotinsky dengan model cellular automata / Hadi Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Reaksi Belousov-Zhabotinsky merupakan reaksi osilator kimia. Larutan asam malonat asam bromat dan garam ceric yang dicampur bersama akan menghasilkan suatu lapisan tipis homogen dan membentuk pola-pola geometris seperti lingkaran-lingkaran yang konsentris menyebar ke seluruh medium. Reaksi ini berosilasi dalam ruang dan waktu yang disebut dengan reaksi Belousov-Zhabotinsky. Simulasi reaksi Belousov-Zhabotinsky sudah pernah dibuat oleh A. K. Dewdney (A. K. Dewdney 1998) dalam bahasa pemrograman Java dengan menggunakan perumpamaan infeksi atau peradangan yang berada dalam kumpulan sel sehat. Dimana sel memiliki tiga keadaan yaitu sel sehat dalam status 0 sel sakit dalam status n dan sel terinfeksi dalam status diantara 0 dan n. Dalam skripsi ini reaksi Belousov-Zhabotinsky disimulasikan dengan model cellular automata. Pada program simulasi reaksi Belousov-Zhabotinsky ini dapat menggambarkan proses osilasi yang terjadi pada reaksi Belousov-Zhabotinsky secara umum. Osilasi yang disimulasikan adalah bagian permuakaan larutan Belousov-Zhabotinsky yang menggunakan indikator ferroin. Program simulasi ini menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0. Simulasi yang menggunakan cellular automata ini disimulasikan dengan cara mengubah tiga keadaan sel yang menggunakan aturan tertentu dengan memperhatikan 8 tetangganya. Aturan yang digunakan dalam program ini disesuaikan dengan proses reaksi Belousov-Zhabotinsky. Simulasi reaksi Belousov-Zhabotinsky dengan model cellular automata yang telah dibuat hasilnya menyerupai bentuk pada eksperimen dengan menetukan nilai q 100 k1 2 k2 3 dan g 35 pada program simulasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item