Layli, Dita Fitrotul Layli (2022) Pengaruh media e-learning berbasis schoology dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sma negeri 5 balikpapan / Dita Fitrotul Layli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi adalah suatu dorongan untuk dilakukannya perubahan tingkah laku yang berasal dari keinginan individu. Media Schoology desain untuk membantu proses pembelajaran dimana media Schoology dilengkapi fitur lengkap yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dengan desain dari media Schoology motivasi belajar siswa dapat mengalami peningkatan karena siswa semakin semangat aktif belajar disiplin mengumpulkan tugas dan tertantang mencoba hal baru. Penelitian ini bertujuan untuk diketahui pengaruh penerapan media E-Learning berbasis Schoology terhadap motivasi belajar pada siswa SMA N 5 Balikpapan. Hal ini ditinjau dari gairah tinggi dan semangat siswa rasa ingin tahu dapat menyelesaikan tugas memiliki rasa percaya diri memiliki konsentrasi dan merasa tertantang disetiap kesulitan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis eksperimen murni dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design dan digunakan analisis Paired Sample t-test. Rancangan dalam penelitian diawali dengan dilakukan uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner motivasi belajar dan angket dikerjakan sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa penerapan media Schoology dapat memberikan pengaruh terhadap meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis uji Paired Sample t-test mendapatkan thitung senilai 6.013 dengan tingkat signifikansi 0 000 lt 0 05. Hal tersebut didukung dengan lembar pengamatan yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori yang lebih unggul daripada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 04:29 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 03:53 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/200891 |
Actions (login required)
View Item |